Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Asuransi Bisa Lindungi Hunian dari Banjir, Asal Masuk Dalam Zona Berikut | Pasarpolis Blog

Asuransi Bisa Lindungi Hunian dari Banjir, Asal Masuk Dalam Zona Berikut

 by pasarpolis |  2015-05-21 05:36:13

 

Dari perlindungan yang masuk dalam cakupan coverage asuransi properti, banjir memiliki kekhususan dan tidak semua perusahaan asuransi mengikutsertakan perlindungan terhadap banjir. Tidak sedikit orang yang memiliki atau membeli produk asuransi properti dan terkena imbas dari banjir namun tidak dapat melakukan klaim karena memang perusahaan asuransi yang bersangkutan tidak memiliki cakupan perlindungan untuk banjir, akhirnya merasa kecewa.

(Baca Juga : Asuransi Properti, Usir Rasa Was-Was Saat Ada Musibah)

Oleh karenanya, pada tahun 2012 lalu, DPR RI mengesahkan Undang-Undang tentang Penanggulangan Bencana (UU PB). Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 31 Desember 2013 juga turut mengeluarkan peraturan yang mengatur asuransi yang terkait dengan bencana banjir, Surat Edaran (SE) Nomor 06/D.05/2013. Dalam hal ini OJK memandang bahwa harus ada pengaturan yang tepat terkait bencana alam, khususnya banjir.

OJK Tetapkan 2 Zona Wilayah

Dalam SE tersebut, OJK menetapkan 2 zona wilayah yang tarif premi antara zona satu dengan lainnya berbeda. Pembagian zona ini disesuaikan dengan tingkat potensi juga ketinggian air saat banjir. Zona pertama adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan zona kedua adalah daerah di luar DKI, Banten dan Jawa Barat. Dari 2 zona tersebut, OJK masih membagi lagi menjadi 4 zona khusus, yaitu;

Zona#1

  1. Zona satu (low): daerah yang tidak pernah mengalami banjir atau pernah mengalami banjir dengan ketinggian genangan air sampai dengan 30 centimeter (cm) tidak akan dilakukan loading.
  2. Zona dua (moderate): daerah yang pernah mengalami banjir dengan ketinggian air 30 cm hingga 60 cm.
  3. Zona tiga (high): daerah yang pernah mengalami banjir dengan ketinggian air 60 cm hingga 100 cm.
  4. Zona empat (very high): daerah yang pernah mengalami banjir dengan ketinggi air diatas 100 cm.

Zona#2

  1. Zona satu (low): Bangunan dimana properti yang akan diasuransikan belum pernah mengalami banjir sebelumnya atau mengalami banjir lebih dari enam tahun yang lalu.
  2. Zona dua (moderate): Digunakan untuk bangunan dimana properti yang akan diasuransikan mengalami banjir setiap 6 tahun sekali,
  3. Zona tiga (high), bangungan properti yang akan diasuransikan mengalami banjir setiap tiga tahun sekali.
  4. Zona empat (very high) untuk bangunan properti yang akan diasuransikan mengalami banjir setiap tahunnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, setiap zona memiliki tingkat premi yang berbeda-beda, dilihat dari tingkat imbas genangan air banjir. Apabila suatu tempat merupakan langganan banjir dan surutnya air berlangsung lama, sehingga banyak hal yang rusak, maka tentu saja premi yang harus dibayarkan lebih mahal dengan daerah yang jarang dilanda banjir, karena cakupan perlindungan juga berlebih.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda