Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Apakah Orang Kaya Perlu Pakai BPJS? | Pasarpolis Blog

Apakah Orang Kaya Perlu Pakai BPJS?

 by pasarpolis |  2015-05-28 10:35:14

Hingga kini program Jaminan Kesehatan (JKN) dinilai belum memenuhi keadilan sosial. Pasalnya hanya masyarakat yang mampu secara ekonomi yang mendapat manfaatnya. Peneliti Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Laksono Trisnantoro, mengungkapkan pada Selasa (26/5/2015) bahwa sistem JKN Indonesia 100 persen ditanggung pemerintah, termasuk masyarakat yang tergolong mampu secara ekonomi.

Bahkan sekarang ini, dana BPJS paling banyak dipakai oleh masyarakat menengah ke atas yang tinggal di perkotaan. Data BPJS sampai November 2014 menunjukkan peserta BPJS perorangan ada 7 juta jiwa, 23 persennya atau sekitar 1,6 juta jiwa telah memanfaatkan layanan kesehatan dengan penyerapan biaya sekitar Rp 7,9 trilyun. Biaya pelayanan kesehatan per jiwa yang diterima sebesar Rp 282.138,- dengan rata-rata iuran per bulan Rp 27.062,-. Itu berarti klaim rasio peserta PBPU sekitar 1,380 persen.

Laksono pun menyebutkan orang yang masuk PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) kebanyakan sangat mampu secara ekonomi, seperti pengusaha dan pedagang. Sedangkan non-PBPU justru golongan miskin yang terdiri dari 123,6 juta jiwa, hanya 4 persennya atau 5,4 juta jiwa yang memanfaatkan layanan kesehatan. Dengan iuran per bulan Rp 27.478,-, biaya kesehatan yang diterima hanya sebesar Rp 21.997,-. Terbatasnya fasilitas kesehatan dan dokter kesehatan di daerah juga membuat manfaat JKN tidak optimal.

Keadaan seperti terbalik 180 derajat karena layanan yang didapat masyarakat di kota-kota besar dan di daerah tidak sama, padahal iuran yang dibayarkan jumlahnya sama. Laksono menyarankan masyarakat mampu untuk menggunakan asuransi swasta sendiri agar pemerintah fokus sepenuhnya pada yang tidak mampu. Sementara, langkah utama untuk pemerataan adalah dengan memperbaiki infrastruktur dan layanan kesehatan di setiap daerah di Indonesia.

Nah, jika Anda tergolong mampu, tak ada salahnya memakai produk asuransi swasta untuk perlindungan sekaligus investasi jangka panjang. Dan PasarPolis adalah portal online yang tepat serta mudah diakses untuk membandingkan dan memilih jenis asuransi dan biaya premi yang sesuai budget Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda