Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Anda Menderita Maag Tapi Ingin Puasa Lancar? Baca Tips Puasa Bagi Penderita Maag Berikut! | Pasarpolis Blog

Anda Menderita Maag Tapi Ingin Puasa Lancar? Baca Tips Puasa Bagi Penderita Maag Berikut!

 by pasarpolis |  2016-06-21 09:01:35

Maag adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Penderita maag seringkali merasa khawatir jika maag kambuh. Agar puasa tetap berjalan dengan lancar, sebaiknya lakukan tips berikut untuk mengantisipasi maag.

Bagi umat muslim, puasa merupakan ritual suci yang harus dipersiapkan sebaik mungkin.. Menderita suatu penyakit saat puasa akan terasa mengganggu. Maag adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Bagi Anda yang menderita maag, jangan khawatir! Berikut ini merupakan tips puasa bagi penderita maag dan cara mengantisipasinya.

Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Anda tentu tidak mau bukan puasa Anda menjadi tidak lancar gara-gara maag kambuh? Cobalah tips puasa bagi penderita maag berikut ini!

Hal yang harus dihindari

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka. Hindari makanan yang digoreng, mengandung banyak lemak, makanan asam(termasuk buah yang sangat asam).
  2. Penderita maag yang berpuasa sebaiknya menghindari makanan pedas saat sahur maupun berbuka. Makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada perut dan meningkatkan asam lambung sehingga sakit maag bisa kambuh.
  3. Hindari juga makanan yang terlalu manis dan karbohidrat olahan seperti roti.
  4. Jangan mengonsumsi makanan/minuman berkafein, kopi atau soda. Ini merupakan cara berpuasa penderita maag yang harus diperhatikan. Bahkan untuk orang yang tidak menderita maag, makanan/minuman seperti ini juga harus diwaspadai.
  5. Jangan merokok, rokok bisa memperparah sakit maag.
  6. Hindari penggunaan obat yang bisa menyebabkan peradangan pada lambung semakin memburuk.

Hal yang dianjurkan

  1. Makanlah makanan yang bisa dicerna lebih lambat pada saat sahur. Cara ini bisa membuat perut kenyang yang lama dan terhindar dari kelaparan saat puasa.
  2. Kurma sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka atau sahur. Buah kurma yang kaya akan serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium.
  3. Penderita maag yang berpuasa juga boleh makan kacang almond ketika sahur maupun berbuka. Almond mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh saat berpuasa.
  4. Buah pisang bisa dijadikan santapan pembuka ketika berbuka puasa. Pisang merupakan sumber karbohidrat, kalium, dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh.
  5. Pilih makanan yang direbus atau dipanggang daripada yang digoreng. Makanan yang dimasak rebus jauh lebih baik untuk kesehatan, terlebih bagi orang yang terkena sakit maag.
  6. Ketika berbuka, makanlah dengan perlahan dan porsi kecil. Jangan langsung makan dalam porsi besar karena bisa membuat perut kaget sehingga sakit maag bisa kambuh. Jika masih lapar, bisa makan lagi dalam porsi kecil setelah tarawih.
  7. Untuk mencegah sakit maag kambuh, jangan pernah lewatkan makan sahur.
  8. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Hindari minum es ketika berbuka karena bisa membuat gangguan perut dan memperlambat pencernaan.
  9. Jika diperlukan, minumlah obat maag sesuai petunjuk dokter.

Cara Antisipasi Maag Kambuh Saat Puasa

Maag yang kambuh saat puasa tentu mengganggu aktivitas Anda. Maka, cobalah antisipasi dengan tips berikut :

  1. Perbanyaklah konsumsi makanan kaya serat saat sahur
  2. Hindari buka dengan makanan pedas dan asam
  3. Hindari minuman berkafein
  4. Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual
  5. Minum obat maag saat sahur dan berbuka

Cara Mengatasi Maag Kambuh Di Tengah Puasa

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimaa pilihan saat maag kambuh di tengah puasa. Akankah membatalkannya atau meneruskan puasa? Pertimbangkanlah penyebab sakit maag yang Anda derita.  Sakit maag yang diakibatkan oleh berbagai penyebab sehingga lambungnya luka, sering sakit di uluhatinya, maka sebaiknya jangan untuk puasa dulu. Karena jika dipaksakan untuk puasa, biasanya tidak kuat sampai saatnya berbuka, dan akan bertambah sakitnya. Sementara jika gejalanya lebih ringan, maka Anda bisa meneruskan puasa. Tips puasa bagi penderita maag tersebut tentu berguna bagi Anda untuk memahami hal yang perlu dihindari dan harus dilakukan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda