Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Agen Asuransi Syariah Wajib Paham 4 Golongan dalam Masyarakat | Pasarpolis Blog

Agen Asuransi Syariah Wajib Paham 4 Golongan dalam Masyarakat

 by pasarpolis |  2015-06-12 10:18:35

Di Indonesia, industri asuransi khususnya asuransi syariah masih tergolong kecil dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Untuk itu perlu adalah pengamatan, analisis juga tindak lanjut yang lebih konkrit agar dapat mengangkat jenis usaha satu ini.

Khususnya untuk asuransi syariah, penetrasinya dibandingkan dengan asuransi konvensional pada umumnya juga lebih kecil lagi. Kecilnya penetrasi asuransi syariah di Tanah Air dikarenakan kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan asuransi syariah masih minim, produk asuransi syariah pada umumnya masih merupakan copycat dari produk asuransi konvensional dan juga permasalahan akan distribusi juga sosialisasinya, serta lingkup penyebarannya masih terfokus pada kota-kota besar saja.

Untuk itu, menurut Wakil Ketua Komite Tetap Keuangan Syariah Kadin Indonesia, Adiwarman A Karim, untuk mensosialisasikan juga menawarkan produk asuransi syariah ke masyarakat, diperlukan fakotr-faktor lainnya, seperti pembagian segmen di dalam masyarakat.

Menurut Adi, masyarakat Indonesia dibagi menjadi 4 segmen yang tidak semuanya dapat diperlakukan sama dalam hal pendistribusian, sosialisasi dan pemberian stimulus terkait asuransi syariah, oleh para agen.

“Segmen pasar pertama adalah masyarakat apatis yang menganggap bahwa syariah itu bukanlah satu hal utama, yang penting murah. Kedua adalah masyarakat rasionalis yang berpandangan bahwa fitur dari asuransi tersebutlah yang terpenting daripada murahnya. Tipe selanjutnya adalah masyarakat universalis. Golongan satu ini adalah orang-orang selalu menuntut agar semua asuransi selalu mengutamakan kejujuran dan mau dibayar juga harus mau ketika ditarik klaim. Segmen terakhir adalah masyarakat conformist atau orang-orang yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai syariah dan kalau sudah mengedepankan kata syariah, maka semuanya harus 100% syariah,” jelasnya panjang lebar.

Selain mengerti masalah apa yang dihadapi dan memahami masyarakat mana yang akan mereka tuju, para agen asuransi syariah juga wajib menyiapkan 2 hal sebagai senjata utamanya selain berkas atau dokumen asuransinya.

“Para agen asuransi harus mempersiapkan dua hal yaitu fotocopy pengawasan dari Dewan Pengangkatan Syariah dari MUI dan juga foto bersama direksi MUI. Dengan 2 hal itu serta memahami 4 segmen di masyarakat, maka diharapkan penyebaran dan penjualan produk asuransi syariah lebih mudah dilakukan,” lanjutnya.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda