Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Agar Pendidikan Anak Tak Putus di Tengah Jalan  | Pasarpolis Blog

Agar Pendidikan Anak Tak Putus di Tengah Jalan

 by pasarpolis |  2016-05-24 03:26:00

Pendidikan adalah investasi terbesar untuk masa depan anak. Jangan biarkan pendidikan si kecil putus di tengah jalan hanya karena tidak ada perencanaan yang matang. 

Lita dan Ardi, pasangan suami istri yang telah dikaruniai tiga orang anak. Reisha kelas satu SMA, Doni kelas satu SMP, dan Renata kelas tiga SD. Karena Reisha dan Doni hanya berjarak tiga tahun maka waktu untuk mereka pindah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi pun berbarengan. Saat Reisha masuk SMA, Doni masuk SMP. Uang pembangunan, seragam, buku-buku, ekstrakurikuler, harus disediakan berbarengan. Terpaksalah Lita dan Ardi harus menjual kendaraan demi pentingnya pendidikan anak. Masih beruntung mereka punya kendaraan yang bisa dijual. Tidak demikian halnya dengan Fitri.

Demi pendidikan kedua buah hatinya, Fitri terpaksa meminjam uang kepada rentenir dengan bunga yang sangat tinggi. Walhasil, demi mencicil utang, perhiasan dan perabot rumah tangga, harus lenyap melayang. "Apa yang bisa saya jual ya saya jual. Begitulah demi pentingnya pendidikan anak, saya terpaksa melakukan ini," kata Fitri.

Rencanakan Sedini Mungkin

Apa yang dialami oleh Lita dan Arti dan Fitri, tentu dialami pula oleh banyak orang tua. Mereka rela melakukan apa saja, menjual apa saja aset yang dimiliki,  asalkan pendidikan anak tidak putus di tengah jalan.

Sebenarnya, hal- hal seperti itu bisa dihindari, asalkan saja Lita dan Ardi, serta Fitri, merencanakan pendidikan anak sedini mungkin, lengkap dengan rencana cadangan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah jalan. Tidak perlu melakukan sesuatu yang besar dan investasi besar-besaran, cukup dengan memiliki kesadaran untuk rutin dan disiplin menyisihkan sedikit uang setiap bulan untuk asuransi atau tabungan pendidikan anak mereka.

Pada dasarnya, asuransi dan tabungan pendidikan adalah salah satu produk asuransi atau tabungan yang besaran setorannya sudah ditentukan setiap bulan atau setiap tahunnya. Tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan juga dikombinaskam dengan asuransi jiwa berjangka (term life insurance). Dengan asuransi jenis ini, perusahaan asuransi sebagai penanggung akan mengganti uang pertanggungan apabila orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia sementara anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan.

Jadi dengan kata lain, fungsi dari tabungan dan asuransi pendidikan adalah untuk proteksi sekaligus dana pendidikan. Orangtua yang menjadi pencari nafkah utama sebagai pemegang polis diharuskan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan, dengan keuntungan pencairan dana setiap kali anak memasuki jenjang pendidikan baru, entah itu SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi. Dana asuransi tetap akan diberikan jika orangtua meninggal dunia tanpa keharusan membayar premi lagi.

Mana yang Terbaik

Agar tak salah memilih mana asuransi atau tabungan pendidikan terbaik yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, ikuti kiat memilih asuransi dan tabungan pendidikan terbaik berikut ini:

Pilih perusahaan asuransi atau bank dengan reputasi yang bagus

Untuk memilih yang terbaik, Anda sangat disarankan untuk mengenal perusahaan asuransi itu terlebih dahulu agar Anda tahu reputasinya. Untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut, kunjungi situs resmi dan bertanya langsung ke customer service yang tersedia. Atau, bisa juga bertanya pada teman dan kerabat yang sudah lebih dulu punya asuransi pendidikan.

Pilih program yang sesuai kemampuan

Hitung dulu berapa banyak uang yang dapat Anda sisihkan untuk disetorkan sebagai premi setiap bulannya. Pilih program yang preminya sesuai kesanggupan dengan hasil paling maksimal.

Tetapkan dana pendidikan dan kapan akan diperlukan

Menentukan jumlah dana pendidikan dari awal sangatlah penting. Hal ini akan menentukan kebutuhan besarnya manfaat jatuh tempo atau manfaat kematian dan jangka waktu polis.

Sesuaikan premi dengan biaya pendidikan anak di masa depan

Selain menyesuaikan besaran premi dengan kemampuan keuangan, sesuaikan juga dengan perkiraan biaya pendidikan anak di masa depan. Ambillah perhitungan laju inflasi di Indonesia  12% dengan kenaikan biaya pendidikan sebesar 20% sampai 25% setiap tahunnya.  Idealnya premi asuransi per bulan berkisar dari Rp 500.000 sampai Rp. 1.000.000 Rupiah.

Pertimbangkan keuntungan tambahan

Biasanya fasilitas tambahan asuransi atau tabungan pendidikan adalah jaminan kesehatan yang berupa ganti rugi biaya perawatan medis di rumah sakit. Anda boleh mempertimbangkan fasilitas ini jika Anda juga butuh jaminan biaya kesehatan anak. Tapi, pastikan bahwa fasilitas tambahan ini tidak memotong terlalu banyak jumlah polis asuransi pendidikan karena tujuan utama asuransi pendidikan adalah dana pendidikan anak terpenuhi.

Dengan mempersiapkan dana pendidikan jauh-jauh hari, Anda  tidak perlu risau lagi pendidikan anak akan putus di tengah jalan.  

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda