Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
8 Tips “Detoks” Rumah Jelang Lebaran | Pasarpolis Blog

8 Tips “Detoks” Rumah Jelang Lebaran

 by pasarpolis |  2016-06-24 04:10:28

Bukan hanya membersihkan hati, manfaatkan waktu Anda di bulan Ramadhan ini untuk bersih-bersih rumah guna menyambut datangnya hari raya.

Banyak orang menikmati manfaat besar dari menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Salma (38) salah satunya. Bukan hanya tubuh yang terasa lebih ringan setelah berpuasa sebulan penuh, hatinya pun terasa lebih lapang setelah puluhan sesi tausiyah dan tadarus rutin yang diikutinya. Bagi Salma, ibadah di sepanjang bulan Ramadhan ibarat perawatan detoks yang sukses membersihkan tubuh dan pikirannya dari berbagai jenis racun dan kotoran.

            Tak berhenti di situ, Salma juga menjadikan momen bulan Ramadhan sebagai waktu khusus untuk bersih-bersih rumah. Kalau orang lain mengenal istilah “spring cleaning”, Salma menciptakan istilah “Ramadhan cleaning” untuk mewujudkan rumah bersih dan rapi menjelang Lebaran. Bagi Salma, kurang afdol bila ia sekeluarga menyambut hari raya Idul Fitri dengan hati dan penampilan bersih tanpa disertai pula dengan lingkungan rumah yang bersih.

1. Bersihkan sudut-sudut terlupakan

Meski rutin dibersihkan setiap hari, biasanya selalu ada sudut-sudut terlupakan yang luput dari acara bersih-bersih rumah harian. Sela-sela antara lemari dan dinding, kolong tempat tidur, bagian atas lemari, bagian bawah toilet duduk, dan sudut pada langit-langit adalah beberapa di antaranya. Kali ini, bersihkan area tersebut hingga tak ada lagi debu dan kotoran yang menempel.

2. Sortir isi lemari pakaian dan donasikan

Banyak diantara kita yang hanya memakai baju itu-itu saja setiap hari, lantaran kondisi lemari yang penuh sesak sehingga sulit untuk melihat semua koleksi pakaian. Jika Anda mengalaminya, itu berarti sudah waktunya menyortir isi lemari dan memisahkan baju-baju yang sudah tak lagi Anda kenakan. Daripada menumpuk, donasikan baju-baju tersebut kepada mereka yang membutuhkan.

3. Singkirkan makanan kadaluarsa

Selain menumpuk pakaian, tak sedikit pula di antara kita yang punya kebiasaan menumpuk bahan makanan di dalam lemari es. Saking banyaknya, tak jarang ada bahan pangan yang sudah melampaui tanggal kadaluarsa sebelum sempat digunakan. Maka itu, sempatkan waktu untuk mengeluarkan isi lemari es dan menyingkirkan bahan makanan yang sudah tak layak simpan.

4. Cuci karpet, tirai, dan alas kaki

Jika digunakan selama berbulan-bulan, kain-kain penghias rumah seperti karpet, tirai, taplak meja, dan alas kaki akan menjadi tempat menimbun debu dan kotoran. Selain membuat penampilannya menjadi kusam, timbunan debu juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan, terutama jika ada anggota keluarga yang mengidap alergi.

5. Poles lantai dan perabot dari kayu

Untuk mengembalikan kilau lantai parket dan perabot dari kayu, gunakan semir khusus untuk memolesnya secara rutin. Bukan hanya mempercantik penampilannya, aplikasi semir juga berguna melindungi lantai dan perabot kayu Anda dari goresan halus akibat pemakaian sehari-hari.

6. Bersihkan peralatan makan tambahan

Perayaan Lebaran identik dengan beraneka hidangan khas hari raya, mulai dari kue-kue kering sampai ketupat dan teman-temannya. Bukan hanya dinikmati sendiri, hidangan tersebut juga biasanya dinikmati bersama sanak kerabat yang singgah untuk bersilaturahmi. Untuk memudahkan Anda, keluarkan dan bersihkan peralatan makan tambahan sejak sebelum Lebaran agar bisa langsung digunakan jika perlu.

7. Rapikan tanaman di kebun

Acara bersih-bersih rumah jangan hanya ditujukan untuk bagian dalam, melainkan juga bagian luar rumah Anda. Sayang kan, jika interior rumah bersih dan rapi tidak disertai halaman rumah yang rapi dan terawat. Sempatkan mencabuti rumput liar, membersihkan perabot di teras, dan memotong tanaman di halaman agar kebun Anda tampil cantik menjelang hari raya.

8. Bunga dan pengharum ruangan

Untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman, hiasi rumah Anda dengan rangkaian bunga segar dan aromaterapi. Tak perlu membeli rangkaian bunga mahal dari floris ternama, karena Anda bisa memanfaatkan bunga-bunga di halaman ataupun tanaman liar di tepi jalan. Kombinasikan dengan dedaunan harum seperti pandan dan serai sebagai aksen. Anda pun siap menyambut hari raya dan menjamu tamu yang datang bersilaturahmi.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda