Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
8 Bahaya Mandi Malam yang Ternyata Hanya Mitos | Pasarpolis Blog

8 Bahaya Mandi Malam yang Ternyata Hanya Mitos

 by pasarpolis |  2016-04-26 02:51:58

 

Mitos dan Fakta Tentang Mandi Malam

Aktivitas padat akibat pekerjaan rutin mungkin banyak menyita waktu Anda, bahkan waktu untuk kebutuhan pokok seperti mandi sekalipun. Waktu mandi yang sering terlewatkan dan dilakukan di saat yang tidak tepat adalah mandi sore. Karena masih terlalu sibuk berkutat dengan dunia karier, Anda akhirnya sering kali mandi di malam hari sebelum tidur untuk membuang lelah dan penat.

Mandi di malam hari memang sangat menyegarkan. Namun kesagaran mandi malam jarang Anda rasakan karena mitos-mitos seputar bahaya mandi malam yang belum jelas. Nah, berikut ini 8 mitos penyakit yang katanya akan terjadi jika Anda terlalu sering mandi di malam hari.

Bahaya mandi malam menyebabkan reumatik/encok

Orang tua sering memperingatkan untuk tidak mandi malam hari karena bisa menyebabkan encok atau reumatik. Sebaliknya, ahli kesehatan mengatakan itu tidak benar. Mandi malam bukanlah penyebab utama terjadinya reumatik. Meski belum jelas, para ahli menyebut reumatik adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian akibat kelainan genetik. Gejala reumatik biasa ditandai dengan nyeri sendi, linu, kemerahan pada sendi dan sering terasa kaku di pagi hari.

Bahaya mandi malam menyebabkan penuaan dini

Mandi malam hari juga dianggap perpotensi menyebabkan penuaan dini. Asumsinya, tubuh dan organ Anda tidak kuat menerima rangsangan air dingin di malam hari. Mandi malam disebutkan akan membuat metabolisme tubuh meningkat tinggi sehingga diperlukan kalori dan oksigen tinggi untuk menstabilkannya, yang membuat Anda banyak makan. Sebaliknya, metabolisme tinggi justru diperlukan untuk mengolah makanan dalam tubuh yang justru semakin membuat Anda sehat dan bugar.

Bahaya mandi malam menyebabkan paru-paru basah

Mitos selanjutnya adalah mandi malam yang menyebabkan paru-paru basah. Padahal, penyebab paru-paru basah adalah inveksi virus dan bakteri yang berasa dari udara. Jadi, bukan mandi malamnya yang menyebabakan paru-paru basah, melainkan keadaan udara dan kebersihan kamar mandi Anda.

Bahaya mandi malam menyebabkan asam urat

Mitos lainnya mengatakan tentang bahaya mandi malam yang bisa menyebabkan asam urat. Jika ditelisik, tidak ada hubungannya antara mandi malam dengan asam urat. Asam urat sendiri disebabkan karena tubuh yang sensitif terhadap zat purin pada makanan. Zat purin sering terkandung di dalam makanan seperti kacang, jeroan dan seafood. Jika Anda memiliki asam urat, bukan harus berhenti mandi di malam hari, melainkan berhenti mengonsumsi makanan berzat purin.

Bahaya mandi malam menyebabkan gangguan metabolisme

Ada yang menyebutkan bahwa mandi malam bisa mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu. Suhu tubuh yang telah berubah di malam hari akan semakin “kaget” begitu menerima rangsangan air dingin yang menyebabkan metabolisme tubuh mengalami shock. Padahal, mandi malam bukanlah penyebab terbesar, gangguan metabolisme bisa saja terjadi akibat genetika, bisa pula karena Anda menjalani pola hidup yang tidak teratur.

Bahaya mandi malam menyebabkan masuk angin

Anda memang bisa saja mengalami masuk angin setelah mandi malam. Namun itu bukanlah satu-satunya sebab. Mandi malam dengan air dingin dan tanpa memperhatikan suhu tubuh yang tinggi inilah yang berpotensi membuat angin masuk melalui rongga-rongga tubuh. Jadi, gunakan air hangat jika terpaksa ingin mandi malam hari.

Bahaya mandi malam menyebabkan demam

Orang-orang tua sering menyebutkan bahwa mandi malam bisa menyebabkan demam. Entah apa dasarnya, namun banyak yang mengatakan itu terjadi karena suhu tubuh yang naik menjadi panas dan tersiram air dingin akan membuat tubuh jadi panas dingin seperti meriang.

Bahaya mandi malam menyebabkan nyeri otot

Ini berhubungan dengan poin pertama. Namun katanya banyak yang mengalami nyeri otot dan nyeri tulang karena sering mandi di malam hari.

Nah, terlepas dari bahaya mandi malam yang terlanjur dipercaya oleh masyarakat luas, mandi malam ternyata memiliki segudang manfaat yang tidak bisa dipungkiri. Manfaat mandi malam di antaranya adalah mengembalikan kesegaran dan kondisi fisik dari kelelahan, mengatasi gangguan insomnia, sebagai relaksasi, menurunkan tekanan darah dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, Anda harus memperhatikan air yang digunakan untuk mandi. Jika terpaksa mandi di malam hari, gunakan air hangat atau air suam-suam kuku. Namun jangan terlalu sering karena air hangat juga kurang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Bagaimana menurut Anda?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda