Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Tips Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Bersama | Pasarpolis Blog

7 Tips Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Bersama

 by pasarpolis |  2016-06-02 02:12:01

Memasuki bulan Ramadhan, undangan untuk menghadiri acara buka puasa bersama mulai bermunculan. Apa saja yang perlu dipersiapkan jika tiba giliran Anda menjadi tuan rumah?

Farah (37) sudah tak sabar menanti datangnya hari Sabtu. Ia akan menjadi tuan rumah acara buka puasa bersama sekaligus reuni dengan teman-temannya semasa kuliah. Undangan buka bersama sudah disebar lewat grup Whatsapp dan sebagian besar menyatakan akan hadir. Yang perlu dilakukan Farah kini adalah merancang menu dan menata rumah sebaik mungkin supaya para tamu merasa kerasan. Ini beberapa langkah yang dilakukan Farah agar acara buka bersama di rumahnya berlangsung sukses, sebagai ide untuk Anda:

1. Atur ulang tata letak furniture

Kecuali tersedia ruang serba guna berukuran besar di dalam rumah, kemungkinan Anda akan perlu mengatur ulang tata letak furniture agar bisa mendapatkan ruangan yang cukup besar untuk menampung jumlah tamu sesuai undangan. Jika jumlah tamu lebih banyak daripada jumlah kursi yang ada di rumah, maka acara buka bersama bisa diadakan secara lesehan. Jika perlu, geser meja dan kursi-kursi mendekat ke dinding agar tersedia ruangan yang cukup luas untuk menggelar karpet.

2. Bersihkan area sirkulasi di ruang makan

Dalam acara buka puasa bersama, aktivitas para tamu akan berpusat di sekitar meja makan. Karenanya, pastikan agar area sirkulasi di ruang makan cukup lapang untuk dilalui. Bersihkan daerah sekitar meja makan dari tumpukan mainan si kecil, boks berisi camilan yang tidak akan disajikan, serta barang-barang lain yang bisa mengganggu kelancaran acara.

3. Sediakan ruangan untuk sholat

Setelah menikmati takjil, para tamu tentu ingin menunaikan sholat maghrib. Jika tidak tersedia mushola, Anda bisa memanfaatkan salah satu kamar yang ada di rumah sebagai tempat sholat. Sediakan sajadah, sarung, dan mukena di dalam kamar untuk digunakan oleh para tamu. Jika mengundang ustadz untuk menjadi imam sekaligus memberikan tausiyah, maka ruang untuk lesehan juga bisa digunakan untuk tempat sholat berjamaah setelah dibersihkan dari remah-remah makanan.

4. Pastikan kecukupan perangkat makan

Hitung jumlah perangkat makan (piring, mangkuk, sendok, garpu, gelas, dll) yang Anda miliki dan perkirakan ketersediaannya dengan jumlah tamu yang datang. Jika kurang, siasati  dengan cara meminjam dari sanak kerabat, menyewa dari perusahaan katering, atau membeli perangkat makan dari plastik. Pada hari H, susun semuanya di atas meja untuk menghindari tamu berlalu lalang ke dapur untuk mencari tambahan perangkat makan.

( Baca Juga : 4 Menu Berbuka Puasa yang Pulihkan Stamina Tubuh Maksimal )

5. Pilih menu yang ringan dan praktis

Menu “berat” seperti masakan serba santan dan hidangan berkuah kari kental memang kedengarannya menggugah selera. Tapi kenyataannya, banyak orang tak ingin menikmati jenis hidangan berat untuk berbuka, karena kurang bersahabat dengan kondisi perut yang kosong. Menu “ribet” seperti kepiting utuh dan iga bakar dalam potongan besar juga bisa menyulitkan tamu untuk menyantapnya. Untuk menu buka puasa bersama, lebih baik Anda memilih hidangan yang ringan dan praktis, seperti ayam goreng, sate, sup, tekwan, mie goreng dan sejenisnya.

6. Bersihkan kamar mandi

Selain ruang tamu dan ruang makan, area rumah yang akan banyak digunakan oleh para tamu adalah kamar mandi. Untuk itu, persiapkan kondisi ruangan tersebut sejak jauh-jauh hari. Bersihkan lantai, dinding, wastafel, toilet, cermin, dan rak-rak di dalam kamar mandi agar tampak kinclong pada hari H. Sediakan pula tisu, sabun cuci tangan, pewangi ruangan (bisa potpouri atau pengharum spray), juga alas kaki kering di depan pintu kamar mandi.

7. Aksesoris untuk mempercantik rumah

Menu lezat bukan satu-satunya faktor yang mampu menghadirkan kesan positif di mata para tamu. Untuk membangun suasana, Anda bisa meletakkan vas berisi bunga segar ataupun deretan lilin hias di atas meja makan dan sudut-sudut ruangan lainnya. Namun pastikan penempatan aksesoris tersebut tidak mengganggu aktivitas tamu yang hendak mengambil makanan.

            Siap-siap, pengalaman menjadi tuan rumah yang sukses bisa membuat Anda ketagihan mendandani rumah. Tempat tinggal yang cantik dan tertata apik bagai kediaman Martha Stewart memang bisa membuat siapa saja merasa nyaman dan kerasan. Sejalan dengan kegiatan mendekorasi, lindungi pula rumah Anda dengan polis asuransi properti agar keindahannya senantiasa terpelihara dalam berbagai kondisi.

Selamat menikmati acara buka puasa bersama!

(Baca Juga : Bingung Tentukan Menu Buka Puasa? Yuk, Intip 3 Menu Buka Puasa yang Praktis Berikut!)

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda