Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Tips Feng Shui untuk Menata Dapur | Pasarpolis Blog

7 Tips Feng Shui untuk Menata Dapur

 by pasarpolis |  2016-06-30 08:30:24

Ingin menata dapur di rumah sesuai prinsip Feng Shui?Ada baiknya Anda menyimak tips yang satu ini.

Setelah menerima bonus hasil pembagian dividen perusahaan tahun ini, Sianne (34) berencana melakukan renovasi pada rumahnya. Area dapur menjadi prioritas utama, berhubung sang nyonya rumah punya hobi memasak. Ketika sedang libur atau memiliki waktu senggang, Sianne senang menjajal resep-resep baru ataupun sekadar membuat kue brownie dan muffin kesukaan kedua putrinya.Mereka sekeluarga juga sering berkumpul di area island dalam dapur untuk menikmati sarapan bersama, terutama di akhir pekan.

Tata Letak Dapur Menurut Feng Shui

            Untuk renovasi dapurnya kali ini, Sianne berencana menerapkan prinsip-prinsip FengShui—ilmu topografi kunoTiongkok yang diterapkan dalam menata ruang.Berdasarkan artikel yang pernah dibacanya, di dalam ilmu FengShui, dapur adalah ruangan yang paling penting di dalamsebuah rumah.Karenanya, jika arus energi di dalam dapur mampu dikelola dengan benar sesuai prinsip FengShui, keluarga mereka akan menikmati kesehatan dan keberlimpahan. Beberapa poin berikut bisa dijadikan pedoman dalam menata area dapur:

1. Hindari meletakkan dapur di tengah rumah

Bagian tengah dari sebuah rumah bisa diibaratkan daerah “jantung” atau pusat keutuhan sebuah keluarga.Menempatkan dapur—yang di dalamnya terdapat kompor,berisiko“menghanguskan”energy baik yang beredar di dalam rumah. Idealnya, dapur ditempatkan pada sudut area rumah yang berbatasan dengan halaman, sehingga udara segar dan energy baik senantiasa mengelilingi rumah tanpa hambatan.

2. Kompor harus selalu berfungsi dengan baik

Kompor bisa dikatakan sebagai pusat kegiatan di dalam dapur.Bila berfungsi dengan baik, maka proses produksi makanan bagi seisi rumah akan berlangsung lancar. Dalam ilmu FengShui, kelancaran proses memasak ini melambangkan kelancaran aliran rejeki dan kesehatan prima bagi seluruh anggota keluarga. Selain memastikan kompor berfungsi dengan baik, bersihkan pula kompor setiap hari untuk membersihkan aliran energi melalui makanan.

3. Perhatikan letak kompor di dalam dapur

Berhubung kompor adalah pusat kegiatan di dapur, maka penempatannya pun amat mempengaruhi kualitas energi yang beredar di dalam ruangan. Hindari kompor yang berhadapan langsung dengan pintu masuk dapur, agar energi yang masuk ke dalam dapur tidak keburu“hangus”sebelum sempat memutari ruangan. Letak kompor yang berseberangan dengan kran air atau tempat penyimpanan air juga bisa mengakibatkan tarik-menarik antar energi yang saling berlawanan (air dan api), sehingga bisa mempengaruhi kesehatan penghuni rumah.

4. Tambahkan elemen tanah

Unsur api yang dominan di dalam dapur perlu diseimbangkan dengan penambahan unsure tanah. Karenanya, sentuhan warna-warna tanah dalam tingkatan lebih cerah seperti warna emas, kuning, oranye, krem, merah bata, ataupun hijau daun, bisa menjadi pilihan dalam mendekorasi dapur.Elemen dekorasi berwarna hangat juga baik ditempatkan di dekat bak cuci piring untuk membantu menyeimbangkan elemen air.

5. Rapikan benda-benda di dapur

Selain merusak pemandangan, tumpukan peralatan makan yang belum dicuci, perangkat memasak yang diletakkan secara sembarangan, botol-botol bumbu yang disusun berantakan, serta tempat sampah yang penuh dan mengeluarkan aroma tidak sedap bisa menghambat aliran energy positif di dalam dapur. Secara berkala, sempatkan membersihkan dapur dan menyortir benda-benda yang sudah tak lagi diperlukan agar ruangan senantiasa rapi.

6. Pastikan ventilasi berfungsi dengan baik

Secaralogis, ventilasi yang baik di dalam dapur akan membantu melancarkan pengeluaran aroma masakan dari dalam dapur. Karenanya, pastikan exhaust-fan berfungsi dengan baik dan jendela-jendela di dapur bisa dibuka tanpa hambatan,sehingga tak menghalangi aliran udara segar dan energy positif di dalam dapur. 

7. Amankan benda-benda berbahaya

Simpan koleksi pisau dan gunting makanan di dalam laci khusus yang terkunci dan sulit dijangkau anak-anak. Selain itu, jauhkan pula kain lap, perangkat makan dari kayu, tirai, serta benda-benda yang mudah terbakar lainnya dari kompor.Di atas kenyamanan, faktor keamanan perlu diutamakan dalam menata ruangan di dalam rumah. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dapatkan perlindungan asuransi properti sesuai kebutuhan. Anda pun akan merasa lebih tenang kala melakukan berbagai aktivitas di dalamrumah.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda