Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Penyebab Penyakit Hipertensi yang Sering Terabaikan | Pasarpolis Blog

7 Penyebab Penyakit Hipertensi yang Sering Terabaikan

 by pasarpolis |  2016-04-23 02:23:04

 

Apa Itu Hipertensi ?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang menyerang hampir ke seluruh orang, tidak peduli tua maupun muda. Untuk ukuran orang dewasa, Anda dikategorikan memiliki hipertensi jika tekanan darah Anda lebih dari 120/80 mmHg. Banyak hal yang menjadi penyebab penyakit hipertensi pada Anda. Hanya saja penyebab tersebut seringkali diabaikan dan Anda menganggapnya sebagai suatu hal yang biasa. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan hipertensi menjangkit Anda.

Faktor Genetik

Kebanyakan kasus hipertensi pada orang adalah karena memiliki riwayat hipertensi di keluarga. Tidak heran jika Anda menemui anak-anak dalam keluarga Anda mengalami hipertensi. Anda tidak bisa mengelak untuk penyebab yang satu ini. Bila Anda memiliki riwayat hipertensi, maka dapat dipastikan keturunan Anda pun akan mengalami hal yang sama.

Merokok

Rokok memanglah sumber dari segala penyakit, termasuk hipertensi. Asap rokok meracuni darah yang seharusnya membawa oksigen ke seluruh tubuh. Darah yang mengandung nikotin membuat dinding pembuluh darah mengeras. Darah tersebut akan masuk ke dalam jantung dan membuatnya bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Overweight atau Obesitas

Penderita kelebihan berat badan maupun obesitas sepertinya harus berhati-hati dengan hipertensi. Obesitas mempengaruhi sistem renin-angiotensin-aldosteron yang berfungsi untuk mengontrol volume darah dalam tubuh. Obesitas yang terjadi pada Anda akan merusak sistem tersebut sehingga darah yang keluar semakin tidak terkendali dan menyebabkan hipertensi.

Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan berpengaruh pada kerja jantung. Selama Anda minum alkohol, jantung akan berdetak semakin cepat dan menyebabkannya memompa darah lebih sering dari kondisi normal. Hal ini yang menyebabkan tekanan darah Anda meningkat selama minum lebih dari 2-3 gelas alkohol dalam satu waktu. Alkohol juga memicu obesitas sehingga akan memperparah penyakit hipertensi Anda.

Terlalu Banyak Garam

Biasanya Anda mendengar bahwa terlalu banyak garam adalah penyebab penyakit hipertensi yang utama. Hal ini dapat dibenarkan karena garam menumpuk di pembuluh darah dan membuat dinding pembuluh menebal. Penebalan ini membuat saluran pembuluh darah semakin sempit dan menyebabkan tekanan darah Anda semakin tinggi.

Stres

Tekanan pekerjaan dan hidup yang menumpuk dan tidak terselesaikan mampu memicu jantung untuk memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan bagian belakang kepala Anda sering pusing sebagai tanda tekanan darah Anda perlahan meningkat seiring makin banyaknya hal yang Anda pikirkan.

Faktor Umur

Tak bisa dipungkiri, faktor umur ternyata juga berpengaruh pada kondisi tekanan darah Anda. Fakta menunjukkan bahwa penderita hipertensi terbanyak adalah pasien dengan umur lebih dari 60 tahun. Hal ini bisa saja terjadi karena semakin bertambahnya umur kondisi organ tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah, akan mengalami penurunan fungsi. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat  sewaktu muda membuat hipertensi semakin parah.

Penyebab penyakit hipertensi dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat sedari dini. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasinya dengan berlangganan asuransi kesehatan terpercaya. Anda dapat mempercayakan asuransi kesehatan Anda pada PasarPolis. Anda dapat membandingkan sekaligus berlangganan asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia melalui website www.pasarpolis.com . Bersama PasarPolis, masa depan Anda akan lebih terjamin dan pasti.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda