Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan | Pasarpolis Blog

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

 by pasarpolis |  2016-05-30 06:14:26

Puasa selama bulan Ramadhan dpat memberi manfaat untuk kesehatan jika itu dilakukan dengan benar.

Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam. Tidak hanya dalam rangka meningkatkan spiritualitas kita, puasa juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Saat berpuasalah sistem pencernaan kita yang telah bekerja selama satu tahun penuh, diberi kesempatan untuk ‘beristirahat’ selama 12 jam.  

Dr Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford, mengatakan ada hubungan yang kuat antara pola makan, termasuk puasa, dengan kesehatan. "Ramadhan tidak selalu dapat dianggap sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan karena aspek spiritual lebih ditekankan  daripada aspek kesehatan," katanya. "Namun, memang salah satu manfaat puasa  adalah untuk kesehatan tubuh."

Sumber energi selama berpuasa

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuh selama berpuasa tergantung pada panjang waktu puasa. Tubuh masuk ke dalam keadaan puasa selama delapan jam atau lebih setelah makan terakhir, ketika usus selesai menyerap nutrisi dari makanan.

Dalam keadaan normal, glukosa tubuh, yang disimpan di hati dan otot, adalah sumber utama energi tubuh. Selama puasa, penyimpanan glukosa habis untuk menyediakan energi. Setelah glukosa habis, lemak menjadi sumber energi berikutnya bagi tubuh.

Dengan puasa berkepanjangan beberapa hari atau minggu, tubuh mulai menggunakan protein untuk energi.

Ini adalah deskripsi teknis dari apa yang dikenal sebagai "mode kelaparan". Hal ini jelas tidak sehat dan menyebabkan rusaknya otot, yang menjadi alasan mengapa orang-orang yang kelaparan terlihat sangat kurus dan menjadi sangat lemah.

Namun, Anda tidak mungkin untuk mencapai tahap kelaparan selama bulan Ramadhan, karena ada aturan untuk berbuka setiap hari.

Transisi glukosa menjadi lemak

Karena puasa Ramadhan hanya berlangsung dari fajar sampai senja, energi tubuh dapat diganti dengan makan sebelum fajar dan sesudah senja.

Ini menyebabkan transisi yang lembut dari penggunaan glukosa sebagai sumber energi utama, ke penggunaan lemak, dan mencegah kerusakan otot karena pembakaran protein berlebihan sebagai sumber energi.

Dr Mahroof mengatakan, penggunaan lemak untuk energi membantu penurunan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol Anda. Selain itu, hasil penurunan berat badan juga baik untuk penderita diabetes karena gula darah lebih terkontrol jika diimbangi dengan pola sahur dan berbuka yang benar dan mengurangi tekanan darah.

"Proses detoksifikasi tubuh juga terjadi, karena setiap racun yang tersimpan dalam lemak dilarutkan dan dikeluarkan dari tubuh," kata Dr Mahroof.

Setelah beberapa hari puasa, Anda akan merasakan manfaat lain puasa bagi tubuh yakni  tingkat endorfin naik membuat Anda lebih waspada dan Anda akan merasa lebih baik.

Pola makan yang seimbang dan asupan cairan adalah hal penting saat puasa. Ginjal sangat efisien dalam menjaga cairan tubuh dan garam, seperti natrium dan kalium. Namun, ini bisa hilang melalui keringat.

Untuk mencegah kerusakan otot, makanan harus mengandung cukup energi, karbohidrat dan lemak baik.  Kata Dr Mahroof, "Anda harus menerapkan proporsi karbohidrat, lemak dan protein yang tepat."

Dari paparan tersebut, dapatlah kita simpulkan bahwa manfaat puasa Ramadhan bagi tubuh:

1. Menurunkan berat badan

2. Mengurangi kadar kolesterol

3. Menurunkan kadar gula darah jika diimbangi pola makan yang benar.

4. Juga menurunkan tekanan darah

5. Detoksifikasi tubuh

6. Menaikkan tingkat kewaspadaan

7. Membuat tubuh lebih segar

Semua itu, ditambah lagi manfaat bulan puasa bagi rohani adalah kesempatan untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda