Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Kiat Aman Bersepeda di Jalan Raya | Pasarpolis Blog

7 Kiat Aman Bersepeda di Jalan Raya

 by pasarpolis |  2016-06-27 08:40:32

Bersepeda memang menyehatkan dan mengurangi polusi. Namun, berbagi jalan dengan kendaraan bermotor di jalan raya tak jarang mengundang bahaya. Perhatikan kondisi sepeda dan tips bersepeda agar aktivitas gowes tetap aman dan nyaman.

Sekarang ini melihat goweser wara-wiri di jalan raya sudah menjadi pemandangan yang biasa. Apalagi sejak ramainya gerakan bike to work beberapa tahun lalu, sebagian orang akhirnya meninggalkan kendaraan bermotornya di rumah dan  memilih bersepeda ke kantor atau ke tempat aktivitas lainnya. Selain bisa diandalkan untuk ‘menaklukkan’ kemacetan di jalan raya, bersepeda juga praktis dan menyenangkan. Selain itu, manfaat bersepeda lainnya adalah bisa mengurangi polusi udara dan menyehatkan tubuh. Alasan-alasan itulah yang melatarbelakangi Ita (35) memilih menjadi pesepeda sejak lima tahun lalu. Setiap pagi ia mengayuh sepeda dari rumahnya di kawasan Bintaro ke tempat kerjanya di Kebon Jeruk.

Namun, Ita mengakui, tidak mudah bersepeda di jalan raya, risikonya tinggi, bahkan membahayakan jiwa. Beberapa kali ia nyaris terserempet mobil dan motor. Jatuh dari sepeda karena disenggol motor juga pernah ia alami. Maka itu, seperti halnya mengendarai kendaraan bermotor, bersepeda di jalan raya juga ada etikanya. Jika Anda sudah menerapkan cara bersepeda yang benar, semestinya kecelakaan-kecelakaan di jalan bisa diminimalisir. Berikut ini kiat aman bersepeda di jalan raya:

1. Periksa peralatan bersepeda Anda.

Bahkan sebelum Anda berangkat, penting untuk memastikan lagi bahwa sepeda Anda laik jalan dan aman. Hal ini menjadi sangat penting bila sepeda Anda termasuk sepeda tua. Beberapa yang perlu Anda periksa adalah kondisi ban, rem tangan dan kaki, serta rantai sepeda. Pastikan semua ini berfungsi dengan baik.

 

2. Perlengkapan bersepeda juga perlu Anda perhatikan.

Kenakan helm, pakaian dan sepatu yang nyaman dan rompi reflektif atau yang memiliki lampu berkedip. Untuk pakaian, pilih yang berwarna terang, kalau perlu yang menyolok agar terlihat oleh pengendara lain. Bila kondisi hujan, kenakan jas hujan yang tidak mengganggu kendali dan keseimbangan Anda saat bersepeda.

 

3. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Misalnya berhenti saat lampu lintas menunjukkan warna merah dan mematuhi tanda dilarang berhenti, berputar di tempat yang telah ditentukan, dan sebagainya.

 

4. Bersepeda sesuai dengan arus lalu lintas

Artinya, Anda tidak boleh melawan arus. Seringkali pengemudi kendaraan bermotor tidak memerhatikan para pesepeda yang bersepeda di jalur yang salah atau berlawanan arah. Hal ini bisa berakibat fatal, berisiko kecelakaan.

 

5.Jangan mendengarkan musik saat bersepeda.

indari menggunakan earphone atau perangkat lainnya. Tidak hanya telinga Anda berfungsi sebagai radar untuk mendeteksi mobil yang mendekati, jenis musik tertentu juga dapat mendorong Anda untuk mengambil risiko berlebihan. Penelitian membuktikan bahwa telinga yang tertutup rapat dapat  mengurangi kewaspadaan pesepeda terhadap keadaan di sekelilingnya.

 

6. Kendalikan laju kecepatan sepeda

Jika ingin menambah kecepatan sepeda, lakukan dalam batas yang aman, sehingga Anda masihb bisa bereaksi dengan cepat jika menghadapi situasi yang tidak terduga.

 

7. Kedua tangan selalu siap untuk rem

Saat bersepeda tempatkan tangan di atas atau dekat rem sehingga Anda dapat berhenti dengan segera jika perlu. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain karena sepeda Anda tidak langsung berhenti bila mengerem dengan menggunakan satu tangan.

 

Penting juga Anda pertimbangkan adalah untuk melindungi diri Anda dengan perlindungan asuransi kecelakaan. Pasalnya, meski Anda sudah bersepeda dengan aman, namun risiko kecelakaan tetap saja ada. Asuransi kecelakaan akan melindungi Anda dari risiko terburuk dari kecelakaan yang terjadi di jalan raya. 

(Baca Juga : Cegah Kecelakaan Dengan Menjadi Pengemudi Bijak )

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda