Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Jurus Turunkan Kolesterol | Pasarpolis Blog

7 Jurus Turunkan Kolesterol

 by pasarpolis |  2016-06-22 04:49:12

Kolesterol tinggi memang menjadi momok yang menakutkan.  Kabar baiknya, perubahan-perubahan kecil pada gaya hidup sehari-hari bisa dijadikan cara cepat turunkan kolesterol.

 Kolesterol  merupakan  semacam lemak yang dapat ditemukan di membran sel.  Sebenarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun dinding sel dan membentuk hormon agar kita bisa beraktivitas. Meski memiliki peran penting, bila jumlah kolesterol tidak dibatasi, maka akan terjadi penyumbatan pembuluh darah, sehingga menjadi pintu masuk bagi berbagai macam penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya. Tapi tenang, ada cara cepat turunkan kolesterol.

Waspada Kolesterol Tinggi

Kita mengenal dua jenis kolesterol, yaitu LDL dan HDL. LDL atau Low Density Lipoprotein dikenal sebagai kolesterol jahat karena bisa menumpuk di arteri dan memicu penyakit serius seperti jantung atau stroke. Sedangkan HDL atau High Density Lipoprotein merupakan kolesterol baik yang  melindungi arteri dari terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Kadar LDL dalam darah bisa meningkat bila Anda mengonsumsi terlalu banyak lemak. Bila LDL terlalu tinggi atau HDL terlalu rendah, maka cadangan lemak akan menumpuk dalam pembuluh darah. Akibatnya fungsi tubuh misalnya pada jantung dan otak, mengalami gangguan.

Maka itu, Anda sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan kadar kolesterol untuk mendeteksi ada tidaknya peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bila kadar kolesterol melebihi 240 mg/dl, Anda patus waspada,  karena itu berarti terjadi hiperkolesterolemis (peningkatan kadar kolesterol dalam darah).  Segera lakukan upaya untuk turunkan kolesterol jahat agar kadar kolesterol dalam darah kembali seimbang.

Cara Cepat Turunkan Kolesterol

Suzanne Steinbaum, DO, seorang ahli jantung di Amerika Serikat, mengatakan bahwa cara cepat menurunkan kolesterol adalah dengan melakukan perubahan-perubahan kecil pada gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Berikut ini tips turunkan kolesterol yang bisa Anda praktikkan:

1. Cara Cepat Turunkan Kolesterol :“Say No” pada lemak jenuh

“Lemak jenuh meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan HDL, serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke,” kata Stainbaum. Lemak jenuh bisa Anda temukan dalam makanan yang digoreng, dipanggang dan mentega.

2. Cara Cepat Turunkan Kolesterol : Pilih lemak tak jenuh

Biar bagaimanapun kita membutuhkan lemak sekitar 25% sampai 35% dari kalori sehari-hari. Namun, yang Anda perlukan adalah lemak tak jenuh karena bisa membantu dan membantu meningkatkan kolesterol baik. Minyak tak jenuh bisa Anda temukan pada kanola, zaitun dan minyak safflower.

3. Cara Cepat Turunkan Kolesterol : Beralih ke ikan

Harga daging yang mahal sekarang ini, bisa jadi alasan kuat untuk beralih ke ikan. Cobalah untuk makan ikan dua sampai empat kali seminggu. Ikan memilki asam lemak omega-3  yang tinggi dan rendah lemak jenuh. Asam lemak omega-3 membantu menurunkan tingkat trigliserida, satu jenis lemak dalam darah, sehingga baik untuk jantung. Selain itu, mengganti daging merah dengan ikan juga akan menurunkan kolesterol Anda, memperlambat pertumbuhan plak. Beberapa ikan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah salmon, sarden dan tuna.

4. Cara Cepat Turunkan Kolesterol : Perbanyak serat

Makanan seperti oatmeal atau sereal gandum, apel, dan plum yang tinggi serat larut, boleh dibilang merupakan Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan 5 sampai 10 gram lebih serat setiap hari kadar kolesterol LDL mereka mengalami penurunan. Selain itu, makan lebih banyak serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tertarik untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

5. Cara Cepat Turunkan Kolesterol : Ingin ngemil? Makan saja kacang

Kacang juga bisa dipilih untuk membantu usaha menurunkan kolesterol jahat. Kacang-kacangan mengandung  lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang mampu menurunkan LDL dan menjaga HDL tetap utuh. Steinbaum menyarankan untuk mengonsumsi kacang sekitar satu ons saja sehari untuk jantung sehat. Karena kacang juga tinggi kalori.

6. Cara Cepat Turunkan Kolesterol : Olahraga

Olahraga juga bisa jadi . Pasalnya, berolahraga minimal 2,5 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dan trigliserida, kata Sarah Samaan, MD, seorang ahli jantung di Plano, Texas.

7. Cara Cepat Turunkan Kolesterol : Stop merokok

Merokok dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Semakin sering Anda tidak merokok, makin tinggi pula hasilnya. Kata Samaan, dalam sebuah penelitian, orang yang berhenti merokok, kolesterol baik mereka meningkat 5% dalam satu tahun. Jika Anda sering berada di sekitar peroko, kolesterol jahat Anda juga bisa meningkat, lho. Jadi sebaiknya jangan mau jadi perokok pasif.

Tidak ada kata terlambat, mulailah melakukan perubahan-perubahan kecil yang dapat membuat Anda hidup lebih sehat. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi diri dengan polis asuransi kesehatan untuk tindakan proteksi, agar hidup Anda lebih nyaman.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda