Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Ciri Diet Berbahaya | Pasarpolis Blog

7 Ciri Diet Berbahaya

 by pasarpolis |  2016-06-14 09:48:20

Ingin  memiliki tubuh langsing layaknya supermodel? Boleh-boleh saja, tapi lakukan dengan cara yang sehat, bukan lewat diet berbahaya.

Sebagian besar wanita mempersepsikan cantik dengan memiliki tubuh yang langsing. Maka itu, wajar bila terkadang sebagian dari mereka rela melakukan berbagai cara demi mendapatkannya, termasuk melakukan diet yang berbahaya. Tantri (30), salah satunya. Dua tahun lalu, dia terobsesi menurunkan berat badannya yang 65 kg menjadi 50 kg dalam waktu singkat. Demi obsesinya itu, Tantri menerapkan cara  yang ekstrem, yaitu mengonsumsi air lemon dan  teh pencahar setiap hari untuk detoksifikasi. Usahanya memang seakan-akan berhasil. Sayangnya, turunnya berat badan Tantri, harus dibayar mahal, karena ia harus mengalami gangguan ginjal.

Ciri diet berbahaya

Keinginan yang besar untuk menurunkan berat badan seringkali mengabaikan faktor kesehatan. Pemakaian obat diet yang berbahaya, salah satu cara yang biasa ditempuh oleh mereka yang ingin memiliki tubuh ideal. Padahal, cara ini bisa mengakibatkan stroke dan serangan jantung. Berikut ini 7 ciri diet berbahaya:

1. Lelah  berlebihan

Lelah  yang berlebihan menandakan bahwa asupan kalori Anda terlalu rendah, begitu kata Nancy Clark, M.S.,R.D., ahli gizi dan penulis Nancy Clark Sports Nutrition Guidebook. Wanita membutuhkan setidaknya 1.200 sampai 1.400 kalori sehari hanya untuk mempertahankan metabolisme tubuh sehingga tetap bugar.

2. Terus menerus menghitung kalori

Jika otak Anda tak berhenti berputar memikirkan kalori dari setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh Anda, bisa jadi itu pertanda Anda mulai obsesif, dan itu tidak sehat.

3. Mengeliminasi satu atau seluruh kategori makanan tertentu

Tidak makan karbohirat atau protein sama sekali memang efektif membuat berat Anda turun. Masalahnya, Anda akan kehilangan banyak nutrisi penting dengan mengeliminasi makanan tersebut dari daftar menu Anda.

4. Susah tidur

Perut yang keroncongan membuat Anda tidak bisa terlelap. Diet yang terlalu ekstrem juga membuat kualitas tidur Anda buruk dan Anda sulit berpikir.

5. Menghindari acara sosial

Diet yang sehat seharusnya tidak mengekang kebebasan Anda untuk bergaul. Jika Anda kerap menghindari acara sosial karena takut makan, itu juga ciri bahwa diet yang Anda lakukan mulai berlebihan.

6. Mood swing

Membatasi kalori terlalu banyak akan mengacaukan kimia otak dan menimbulkan  depresi, cemas, tegang, sensitif, dan mudah marah. Perubahan suasana hati yang drastis ini akan mengacaukan rencana penurunan berat badan Anda. Ujung-ujungnya Anda akan frustasi, balas dendam, dan akhirnya menggagalkan diet Anda.

7. Olahraga berlebihan

Olahraga memang disarankan untuk membantu keberhasilan program diet Anda. Namun jika Anda terobsesi dengan membakar lemak dan berolahraga berlebihan, itu tanda bahwa diet Anda berbahaya. Hentikan sebelum semuanya terlambat.

Diet sehat

Program diet sehat adalah pilihan tepat untuk menurunkan berat badan Anda. Hasilnya memang tidak bisa instan, tapi berat badan Anda tidak akan turun naik seperti yo yo. Nah, berikut ini beberapa cara diet sehat.

-Konsumsi makanan sehat untuk diet. Pilihannya antara lain kentang dengan kulitnya, beras merah, dan roti gandum. Pastikan juga Anda selalu mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya.

-Perbanyak konsumsi ikan, setidaknya dua porsi dalam seminggu. 

-Batasi konsumsi lemak dan gula tersaturasi. Batasi pula konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram dalam sehari.

-Cara tepat mengolah makanan untuk menjadi menu diet sehat  juga perlu diperhatikan. Hindari cara memasak yang sarat kalori seperti menggoreng, dengan menumis, merebus atau mengukus.

Diet yang sehat akan membantu Anda menjalani hidup yang sehat. Tak ada gunanya bertubuh langsing apabila Anda didera berbagai penyakit. Untuk berjaga-jaga tak ada salahnya Anda juga memiliki polis asuransi kesehatan, untuk hidup yang lebih terproteksi.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda