Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Cara Mudah Membiasakan Diri Gemar Menabung | Pasarpolis Blog

7 Cara Mudah Membiasakan Diri Gemar Menabung

 by pasarpolis |  2015-05-25 08:20:41

 

Menabung Untuk Masadepan

Untuk yang gemar menabung, pasti tidak bisa absen sebulan saja dari mengisi celengan atau rekening tabungan. Tapi bagaimana untuk yang susah menabung? Jangan khawatir, ada 7 cara mudah yang membuat Anda bisa membiasakan diri untuk menabung seperti berikut ini:

Cara#1: Tentukan tujuan

Pastinya semua hal dalam hidup ini memiliki tujuan, begitu pula dengan menabung. Tentukan tujuan agar Anda dapat memetik hasil dari tabungan yang telah lama Anda kumpulkan tersebut. Selain memiliki tujuan, perencanaan dalam membiasakan diri menabung juga diperlukan agar Anda tidak asal menghambur-hamburkan uang yang dimiliki untuk hal-hal yang sebenarnya masih dapat ditahan untuk dibeli.

Cara#2: Buat kerangka keuangan

Selain membuat satu tujuan dan perencanaan, Anda juga harus membuat kerangka keuangan yang dapat Anda gunakan dan jalankan. Dengan kerangka tersebut, maka setidaknya pengeluaran Anda akan tertata dan meminimalisir munculnya kebocoran anggaran yang tak terduga.

Cara#3: Batasi dan berikan anggaran untuk diri sendiri

Dengan membatasi sekaligus memberikan anggaran setiap bulan untuk diri sendiri, maka secara tidak langsung Anda dapat menerapkan poin pertama di atas. Tidak hanya itu saja, dengan membatasi dan memberikan anggaran terhadap diri sendiri, maka selain akan mendapatkan keuntungan berupa profit yang telah dikumpulkan, Anda juga akan melatih diri sendiri untuk hidup hemat.

Cara#4: Hindari berhutang

Berhutang memang jalan paling ‘mudah’ untuk mengatasi kebutuhan finansial mendadak. Namun dengan menabung, setidaknya Anda dapat menghindarkan diri dari jeratan hutang. Dan apabila keadaan ekonomi sudah normal, maka Anda juga harus benar-benar memangkas kebiasaan berhutang dengan lebih cermat dalam mengeluarkan uang, agar pendapatan yang masuk tidak hanya 'numpang lewat' saja setiap bulannya.

Cara#5: Catat setiap pengeluaran

Anda juga wajib mencatat setiap pengeluaran setiap hari. Dengan melakukan hal ini, maka Anda dapat mengkalkulasikan dan melihat apa saja yang telah dibelanjakan dan menganalisis apa saja yang seharusnya tidak masuk dalam daftar belanjaan dan dapat menjadi pemikiran untuk perencanaan setiap bulannya.

Cara#6: Membuka tabungan pensiun

Dengan memiliki tabungan pensiun, setidaknya Anda akan santai ketika sudah dalam masa-masa tua, walaupun Anda bukan seorang pegawai negeri yang akan menerima dana pensiun setiap bulannya.

Cara#7: Berinvestasi dan berasuransi

Agar lebih mudah menyimpan dan mendapatkan benefit dari uang yang Anda simpan, Anda dapat menanamkan modal atau berinvestasi secara aman dan juga membeli produk asuransi sebagai perlindungan terhadap diri sendiri, kerabat, keluarga atau juga properti yang Anda miliki.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda