Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
7 Cara Hemat Bahan Bakar | Pasarpolis Blog

7 Cara Hemat Bahan Bakar

 by pasarpolis |  2016-05-24 03:15:37

Selain bisa menekan pengeluaran bulanan, menghemat pemakaian bahan bakar juga bisa menjadi cara kita bersikap ramah pada lingkungan.

Sore ini Tania (34) menyempatkan diri duduk di meja kerja, menghitung budget pengeluaran keluarganya setiap bulan. Setelah ditelusuri, ternyata pos pembelian bahan bakar minyak (BBM) memakan jumlah tak sedikit. Memang, paling tidak seminggu dua kali Tania mengisi bensin kendaraan yang membawanya ke kantor. Belum lagi kendaraan yang digunakan oleh suami dan anak-anaknya setiap hari.

            Untuk menekan pembelian BBM per bulan, Tania meminta saran dan tips hemat bensin dari petugas bengkel saat melakukan servis rutin kendaraan. Ini penting menurutnya, karena bukan hanya bisa memangkas pengeluaran bulanan, menghemat BBM juga bisa berdampak positif bagi lingkungan. Sekarang ini cadangan minyak bumi sudah menipis dan tak bisa diperbarui kembali, bukan? Nah, dari hasil diskusinya, ini beberapa cara hemat bahan bakar yang bisa dilakukan:

1. Jaga kecepatan stabil kendaraan

Paculah kendaraan dalam kecepatan sedang dan stabil. Memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi bisa menurunkan efisiensi BBM secara drastis. Hindari pula mengambil jarak terlalu dekat dengan kendaraan lain. Kebiasaan ini bisa membuat Anda menginjak pedal rem dan gas terlalu sering, yang berakibat konsumsi BBM meningkat.

2. Atur laju putaran mesin

Selain mengatur kecepatan, atur pula laju putaran mesin kendaraan berkisar antara 2000 s/d 3000 rpm. Caranya adalah dengan menggunakan gigi (perseneling) yang tepat sesuai kecepatan, jika Anda mengemudikan kendaraan manual. Laju putaran mesin yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah bisa memboroskan BBM.

3. Minimalkan beban kendaraan

Minimalkan jumlah muatan di dalam kendaraan. Sebisa mungkin, hindari mengangkut barang di atas atap karena bisa mengakibatkan hambatan angin lebih besar yang dapat menghambat laju kendaraan. Muatan terlalu berat dapat memperlambat laju kendaraan sehingga sulit berakselerasi. Anda pun jadi harus menekan pedal gas lebih dalam untuk mencapai kecepatan yang dikehendaki.

4. Isi angin ban sesuai ketentuan

Jangan abaikan tekanan angin di dalam ban yang sudah mulai melemah. Pasalnya, ban kendaraan yang diisi angin dengan tekanan tepat akan memiliki kemampuan jelajah lebih jauh dengan memakan jumlah bahan bakar yang sama. Seminggu sekali, sempatkan memantau tekanan ban dan menambah angin jika perlu.

5. Teliti sebelum parkir

Sebelum mematikan mesin dan memarkir kendaraan, matikan terlebih dulu semua perangkat elektronik dan AC. Ini berguna memperkecil jumlah bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan mesin kembali. Pilih pula tempat parkir yang teduh untuk mengurangi penguapan bahan bakar akibat suhu udara yang tinggi.

6. Cerdas saat mengisi bensin

Mengisi BBM di pagi hari lebih baik daripada siang hari, karena suhu udara yang sejuk membuat konsentrasi BBM lebih padat. Minta petugas SPBU untuk tidak menekan tuas selang karena bisa mempengaruhi jumlah bensin yang keluar. Selain itu, jangan tunda hingga tangki hampir kosong sebelum mengisi BBM. Pasalnya, kian banyak ruang kosong di dalam tangki akan membuat BBM lebih cepat mengalami penguapan.

7. Rutin merawat mesin

Tepati jadwal servis rutin kendaraan agar kendaraan selalu berada dalam performa prima. Saat diservis, petugas akan melakukan penggantian oli, mengecek kondisi saringan udara, ataupun melakukan tune-up jika diperlukan. Semua itu bisa mempengaruhi laju konsumsi BBM kendaraan Anda. Kebiasaan menepati jadwal servis rutin dan merawat mesin kendaraan juga merupakan salah satu syarat mengajukan klaim asuransi kendaraan. Selain berhemat, aktivitas berkendara Anda juga akan terlindungi setiap saat. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda