Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
6 Tips Foto Selfie Aman  | Pasarpolis Blog

6 Tips Foto Selfie Aman

 by pasarpolis |  2016-06-17 06:37:28

Liburan memang kurang lengkap dan seru tanpa foto selfie. Namun, mengorbankan keselamatan diri demi sebuah foto juga bukan tindakan bijaksana.

Selfie atau  memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain lalu mengunggahnya ke media sosial, memang telah menjadi bagian dari gaya hidup lintas usia dan status.  Mulai dari masyarakat biasa hingga presiden dunia, pernah berselfie ria. Namun siapa sangka, kegiatan yang tujuannya hanya narsis di tempat-tempat indah ini bisa mengundang bencana, seperti yang dialami oleh Divanda (25).

Liburan Divanda di obyek wisata air terjun di Bali bersama teman-teman, berujung petaka. Ketika tengah asyik beraksi dengan gaya foto selfie andalan, tiba-tiba batu berjatuhan dari atas tebing. Divanda mengalami luka-luka yang cukup parah. Alhasil, sisa liburannya ia habiskan di rumah sakti. Peristiwa ini jadi pelajaran yang berharga bagi kita bahwa selfie pun bisa membahayakan nyawa bila tidak dilakukan dengan benar.

 Perilaku narsis yang berbahaya

Selfie yang dilakukan tanpa perhitungan memang bisa berujung petaka. Lantas, mengapa beberapa orang bersedia mengambil risiko tinggi untuk berfoto selfie? Seorang fotografer profesional, Lee Thompson mengatakan keberanian itu bisa muncul ketika menganggap foto tersebut bisa mengundang banyak ‘Like ‘ dan membuatnya terkenal selama lima belas menit.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Ohio State University, foto-foto  yang  di-posting orang di media sosial dapat menceritakan kisah yang menarik tentang kepribadian mereka. Peneliti utama Jesse Fox mengatakan bahwa, bagi banyak orang, selfie yang berbahaya dianggap layak untuk jumlah “like” dan “komentar” yang akan dihasilkan.

"Like, adalah cara kuantitatif untuk mengukur popularitas, dan hari ini tidak cukup hanya dengan mengirim foto diri, karena semua orang melakukan hal itu.  Semakin ekstrim sebuah foto, semakin besar kemungkinan Anda untuk menonjol dan mengundang banyak like dan komentar,” kata Jesse. 

Tips Foto Selfie

 Tidak harus melakukan aksi-aksi yang ekstrem, Anda tetap bisa menghasilkan foto selfie terbaik dengan 7 tips foto selfie ini :

1. Lokasi, lokasi, lokasi

Lakukan survei lokasi terlebih dulu sebelum selfie. Berkelilinglah beberapa saat untuk menemukan spot terbaik yang aman, misalnya tempat yang datar dan kering, ada pegangan yang kokoh, ada pijakan yang kuat, dan sebagainya. Kreatiflah dalam pengambilan gambar, tapi jangan menempatkan diri dalam bahaya,” saran Thompson.

2. Taati peraturan

Perhatikan papan-papan larangan atau peringatan di sekitar lokasi wisata, misalnya dilarang berfoto dengan binatang liar, memanjat tebing, memasuki area tertentu, dan sebagainya.

3. Ekstra hati-hati

Kondisi dan cuaca sulit ditebak. Meski cuaca bagus, Anda tetap harus waspada terhadap kemungkinan perubahan yang terjadi di lokasi. Bila cuaca memburuk misalnya, atau ombaknya terlihat membesar, hentikan selfie dan menyingkirlah dari lokasi tersebut. Keselamatan Anda yang utama.

4. Jangan Berlebihan

Melihat pemandangan yang sangat indah di depan mata, tentu membuat Anda tidak sabar untuk segera mengabadikannya. Kendalikan emosi Anda, karena jika Anda terlalu ‘heboh’ bisa membuat Anda kehilangan kontrol dan konsentrasi terhadap hal-hal di sekitar.

5. Cek perangkat

Pastikan bahwa kamera atau smartphone yang digunakan telah terpasang dengan benar dan kuat. Atur juga pencahayaan untuk mendapatkan kualitas foto selfie yang bagus.

6. Hindari pose ekstrem

Anda boleh saja berpose dengan gaya foto selfie terbaru, namun pastikan itu bukan gaya yang membahayakan. Misalnya, melompat di depan jurang,  foto di atas batu di puncak gunung, jalan di depan kereta, dan sebagainya.

Keamanan dan keselamatan diri adalah segala-galanya dimanapun dan apapun yang Anda lakukan. Melengkapi diri dengan asuransi kecelakaan adalah salah satu tindakan proteksi yang juga disarankan untuk Anda lakukan. Lebih baik berjaga-jaga dari pada menyesal kemudian bukan?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda