Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
6 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Sebelum Mudik | Pasarpolis Blog

6 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Sebelum Mudik

 by pasarpolis |  2015-06-11 04:02:50

 

Kendati bulan puasa masih belum datang, namun aktivitas mudik pastinya sudah pernah terlintas dalam benak Anda, terlebih dengan adanya pemberitaan pembangunan sejumlah ruas jalan baru. Bila Anda memiliki pengalaman mudik tahun lalu yang kurang mengenakkan, ada baiknya Anda menerapkan sejumlah trik-trik cerdas berikut ini:

(Baca Juga : Mobil Terjebak di Rel Kereta Api? Lakukan Hal Ini!)

Trik#1: Periksa oli mesin

Tak ingin mesin mobil Anda rewel? Pastikan Anda memberikan oli mesin dengan volume cukup. Anda bisa memeriksanya melalui level stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda “L” dan “F” dan seharusnya sedikit berada di garis “F”.

Trik#2: Periksa selang radiator

Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila selang menggelembung atau retak, sebaiknya segera ganti agar tidak pecah di tengah jalan.

Trik#3: Periksa selang bensin

Pastikan pula selang bahan bakar Anda tidak mengalami keretakan, kebocoran, ataupun tersumbat. Kondisi ini juga akan membuat mesin mobil berjalan lebih mulus dan tak rawan rewel saat melintas di jalan raya.

Trik#4: Cek putaran kipas pendingin

Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila memang kondisi belt telah retak-retak, gantilah dengan yang batu. Periksa pula ketegangan belt agar putaran kipas dapat berjalan lebih optimal.

Trik#5: Periksa timing belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di speedometer mobil. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terjadi kerusakan parah. Hal ini demi keselamatan dan kenyamanan Anda.

Trik#6: Cek rem

Periksa level minyak rem di reservoir. Bila memang kurang dari batas level minimal, maka besar kemungkinan terjadi kebocoran. Periksalah selang dan master rem untuk mengetahui apakah ada bagian yang basah di dalam velg sebagai tanda kebocoran pada silinder roda.

Nah, setelah memastikan bahwa komponen-komponen mobil Anda tersebut aman, kini Anda bisa lebih tenang untuk mudik. Kendati demikian, maraknya kecelakaan kendaraan saat mudik juga patut menjadi perhatian Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bergabung dengan asuransi mobil yang dapat memberikan perlindungan secara lebih baik pada kendaraan Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda