Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Tips Renovasi Rumah | Pasarpolis Blog

5 Tips Renovasi Rumah

 by pasarpolis |  2016-05-18 03:58:08

Dengan menerapkan langkah yang tepat, renovasi rumah bisa membuat tempat tinggal Anda terasa lebih nyaman tanpa beban biaya berlebihan.

Rumah adalah tempat yang istimewa bagi mereka yang tinggal di dalamnya. Bukan hanya berfungsi sebagai tempat berlindung dari panas-dinginnya cuaca, rumah juga merupakan tempat kita melepas lelah dan menikmati kebersamaan dengan orang tercinta. Karenanya, niat untuk merenovasi rumah perlu dilakukan secara seksama agar hasilnya memuaskan bagi seluruh anggota keluarga. Sebelum mulai beraksi, simak dulu tips memperindah rumah berikut ini:

1. Susun prioritas

Tetapkan tujuan utama Anda melakukan renovasi, misalnya menambah jumlah kamar, memperbaiki dapur, mengganti tegel, atau keperluan lainnya. Tanpa prioritas yang jelas, biasanya akan muncul godaan untuk memperluas area renovasi, yang bisa membuat jumlah pengeluaran membengkak drastis. Meski demikian, tetaplah bersiap-siap mencadangkan dana ekstra. Dalam proses renovasi kerap muncul hal-hal tak terduga yang luput dialokasikan dalam perhitungan awal.

2. Gunakan material bekas yang layak pakai

Salah satu tips hemat renovasi rumah yang kerap diandalkan adalah dengan memanfaatkan material bekas yang masih layak pakai, seperti kusen, daun pintu, genteng, tegel, peralatan sanitasi, dan sebagainya. Material kayu untuk keperluan dekorasi juga bisa diambil dari kayu bekas peti kemas yang harganya jauh lebih murah, namun kualitas dan penampilannya layak disandingkan dengan kayu baru.

3. Serahkan pada ahlinya

Di kota besar, jasa kontraktor lazim digunakan untuk mengerjakan proyek renovasi. Jika bisa memilih kontraktor yang profesional, Anda akan diuntungkan dalam hal kenyamanan proses dan kualitas hasilnya. Jika tidak demikian, maka Anda bisa memilih jasa tukang bangunan yang sudah berpengalaman dan bisa dipercaya. Dari sudut pandang desain, ada baiknya berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior untuk memastikan bahwa ruangan baru Anda tidak hanya fungsional, tetapi juga nyaman dan indah dipandang. Pasalnya, tak semua orang mampu “menyulap” halaman Tips Dekorasi Rumah di majalah menjadi sama indahnya di dunia nyata.

4. Jangan (terlalu) sering berubah pikiran

Di tengah lapangan, wajar saja bila Anda ingin mengubah material pelapis lantai dari marmer menjadi parket kayu, atau mengganti pelapis dinding dari wallpaper menjadi lukisan mural. Yang penting, buatlah keputusan secepat mungkin agar tidak menghambat keseluruhan proses kerja. Selain rugi waktu, keputusan yang lambat dan terlalu sering berubah juga berpotensi membuat Anda merugi secara finansial karena telah terlanjur membeli material yang tidak dibutuhkan.

5. Terbuka terhadap berbagai kemungkinan

Kondisi asli bangunan terkadang menjadi kendala dalam proses renovasi. Misalnya, ada dinding yang berfungsi menopang struktur atap sehingga tak boleh dirobohkan, padahal Anda ingin menjebolnya untuk memperluas ruangan. Atau, ketinggian atap ternyata tidak memungkinkan untuk membuat mezanin. Untuk menghadapi hal-hal seperti ini, sikap fleksibel amat dibutuhkan agar renovasi berjalan lancar.

Untuk melindungi rumah selama proses renovasi dan setelahnya, ada baiknya pula Anda mempertimbangkan kepemilikan polis asuransi properti. Dengan demikian, rumah Anda bisa terlindungi antara lain dari risiko musibah seperti kebakaran akibat korsleting pada saat pemasangan instalasi listrik, kerusakan akibat salah perkiraan dalam membangun, dan sebagainya. Langkah atisipatif jauh lebih baik dari pada Anda harus kehilangan banyak biaya untuk menangani musibah-musibah yang mungkin muncul bukan?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda