Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Tips Modifikasi Kendaraan | Pasarpolis Blog

5 Tips Modifikasi Kendaraan

 by pasarpolis |  2016-06-23 07:37:50

Bukan hanya pemiliknya, kendaraan kesayangan Anda juga perlu menjalani “make-over” agar penampilannya kian cemerlang.

Modifikasi kendaraan bukan lagi hobi para pria. Di jalan raya kini lazim terlihat mobil dan motor dengan atribut feminin yang melambangkan kepribadian pemiliknya. Bukan hanya terlihat pada pilihan warna cat pelapis body, nuansa “girlish” juga tampak pada aksesoris lain seperti kaca spion, pelapis jok, aplikasi stiker, dan lain-lain. Salah satunya sedan putih dengan hiasan stiker bunga-bunga dan pelapis jok bernuansa lavender milik Rizka (27).

Sejak mulai menabung untuk membeli mobil impiannya, Rizka sudah berangan untuk mempercantik kendaraannya seperti saat ia mematut diri di depan cermin. Rizka sampai mencari inspirasi dari majalah otomotif dan juga berkeliling ke sejumlah bengkel yang direkomendasikan teman-temannya. Karena sudah terencana secara matang, modifikasi mobil Rizka tak memakan biaya besar dan hasilnya pun memuaskan. Anda juga ingin memodifikasi kendaraan? Simak tips modifikasi kendaraan berikut agar hasilnya sesuai keinginan:

Tips modifikasi kendaraan 1:  Tentukan konsep desain

Agar tak terkesan “tambal sulam” dan terjerumus pada kesalahan desain yang tak enak dipandang mata, rencanakan konsep modifikasi kendaraan Anda sejak awal: sporty, elegan, gaul, retro, girly, minimalis, dan sebagainya sesuai selera. Dengan menentukan konsep desain sejak awal, Anda akan lebih mudah menahan diri dari godaan mengeluarkan dana ekstra untuk  membeli komponen dan aksesoris yang pada akhirnya tidak terpakai.

Tips modifikasi kendaraan 2:  Sesuaikan jenis modifikasi dengan budget

Jika tak ingin saldo tabungan cepat surut untuk modifikasi kendaraan, tetapkan budget yang bakal Anda keluarkan untuk keperluan ini. Jenis modifikasi ringan tentu lebih bersahabat dengan isi kantong dibandingkan modifikasi berat.

- modifikasi ringan, contohnya menambah kepekatan kaca film mobil, aplikasi stiker dan dekorasi air-brush pada body kendaraan, penggantian kain pelapis jok, penggantian knalpot dan kemudi, memasang atau menambah emblem pada body kendaraan, dan lain-lain.

- modifikasi berat, misalnya penggantian “baju” kendaraan (body kit), membuat mobil lebih rendah daripada sebelumnya sehingga terkesan ceper, pemilihan desain dan ukuran velg dan roda yang tidak sesuai standar sehingga perlu dilakukan penyesuaian, pemasangan sistem audio yang lebih kompleks, dan lain-lain.

Tips modifikasi kendaraan 3: Gali inspirasi & buat simulasi

Sebagai sumber inspirasi, rajin-rajinlah mengunjungi pameran kendaraan dan membaca majalah otomotif. Inspirasi untuk modifikasi kendaraan juga bisa didapat dari dunia maya atau dari perbincangan di komunitas pecinta dunia otomotif. Setelah terbentuk konsep desain yang diinginkan, buat simulasinya dengan Photoshop atau program komputer lainnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membayangkan hasilnya dan membuat penyesuaian jika perlu.

Tips modifikasi kendaraan 4: Berburu komponen berkualitas

Bukan hanya baju dan tas tiruan, Anda juga bisa mendapatkan komponen kendaraan berharga “miring” yang biasanya adalah produk “KW” dari barang serupa hasil produksi pabrik resmi. Tapi, meski harganya bersahabat, pastikan barang tersebut memiliki kualitas yang baik. Anda bisa berburu informasi mengenai tempat-tempat membeli komponen kendaraan “murah-meriah” dari bengkel langganan atau komunitas pecinta otomotif.

Tips modifikasi kendaraan 5: Pilih bengkel berpengalaman

Poin terakhir namun paling penting adalah memilih bengkel yang memiliki reputasi baik dan jam terbang tinggi untuk urusan modifikasi. Ketahui pula kekuatan dan kelemahan setiap bengkel yang direferensikan oleh teman. Ada bengkel yang mahir membuat aplikasi air-brush, namun tidak cekatan kala diminta memasang jok, dan sebagainya. Maka itu, tak ada salahnya membawa kendaraan ke bengkel yang berbeda untuk jenis pekerjaan yang berbeda pula.

Terakhir, pastikan bahwa modifikasi yang Anda terapkan tidak malah mengganggu performa dan fungsi kendaraan. Pasalnya, ada sejumlah klausul pada polis asuransi kendaraan yang tidak menerima klaim kerusakan akibat jenis modifikasi tertentu. Dibandingkan penampilan mentereng, tentunya perlindungan asuransi kendaraan secara menyeluruh lebih layak menjadi prioritas Anda, bukan? 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda