Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Tips Merawat Mobil Klasik | Pasarpolis Blog

5 Tips Merawat Mobil Klasik

 by pasarpolis |  2016-06-16 03:56:42

Perawatan mobil klasik tentu berbeda dengan mobil keluaran terbaru. Ketahui caranya agar bukan cuma cantik, mobil klasik koleksi Anda tetap bisa berfungsi dengan baik.

Selama tujuh tahun terakhir, Intan (39) tak pernah absen mengikuti ajang kopdar tahunan dengan komunitas pecinta mobil Volkswagen di Jakarta. Selain memanjakan mata melihat mobil-mobil “lucu” koleksi anggota lainnya, ia juga menanti saat-saat berbagi pengalaman dan cara merawat mobil klasik kesayangannya. Mobil VW Kodok alias VW Beetle milik Intan dan VW Kombi milik suaminya, Adji (41), juga dibeli dari salah satu anggota komunitas, yang hubungannya sudah dekat seperti saudara sendiri.

            Intan tahu persis, kegemaran mengoleksi mobil “jadul” adalah hobi yang “gampang-gampang susah”. Dibandingkan mobil baru, mobil klasik perlu dirawat secara lebih teliti agar selalu berfungsi dengan baik. Karenanya, budget bulanan yang perlu dikeluarkan untuk merawat mobil klasik terkadang bisa lebih besar ketimbang pemeliharaan mobil baru. Selain itu, tak semua bengkel mampu melayani ritual perawatan mobil keluaran lama secara mendetail.

Karenanya, sebisa mungkin Intan rutin menerapkan tips merawat mobil yang diperolehnya dari sesama anggota komunitas. Selain agar ia bisa mengendarai “si kodok” dengan nyaman, juga supaya mobil kesayangannya itu selalu berada dalam kondisi prima. Sama seperti koleksi tas bermerek, mengoleksi mobil klasik yang terawat dengan baik juga bisa menjadi salah satu jenis investasi yang menjanjikan, bukan? Berikut sejumlah tips yang berhasil dikumpulkannya:

1. Lebih rajin mengganti oli

Kualitas oli amat penting untuk memberikan perlindungan mesin kendaraan, terutama pada mesin mobil klasik yang sudah cukup berumur. Performa mobil klasik akan lebih terpelihara apabila penggantian oli dilakukan setiap sudah menempuh jarak 2500 km.

2. Pelihara cat mobil

Seiring usia, warna cat asli mobil klasik akan ikut memudar. Jika perlu, lakukan pengecatan ulang untuk membuatnya tampak “kinclong” kembali. Hanya saja, kualitas pengecatan ulang kemungkinan tak akan semulus dan sebaik cat asli. Karena itu, sebisa mungkin gunakan kain penutup mobil untuk melindungi kendaraan Anda ketika sedang diparkir. Perhatikan juga kondisi garasi agar tidak lembap. Kondisi lembap berisiko mempercepat munculnya karat pada bodi bahkan pada mesin kendaraan.

3. Periksa kaki-kaki mobil

Berhubung usianya sudah lanjut, mobil-mobil klasik rentan mengalami masalah pada bagian kaki-kakinya. Masalah ini bisa terdeteksi dengan munculnya bunyi yang tak biasa pada saat mobil dikendarai. Untuk menghindari masalah yang lebih berat, selalu amati performa kendaraan ketika dikendarai. Lakukan pengecekan berkala dan perawatan rutin yang dianjurkan oleh petugas bengkel pada mobil Anda.

4. Periksa kondisi kabel

Ketika merawat mesin, amati langsung atau mintalah petugas bengkel memeriksa kabel-kabel penghantar listrik yang seiring berjalannya waktu akan menjadi getas. Kondisi kabel yang sudah aus tentu berpengaruh pada sistem kelistrikan mobil sehingga mengganggu kinerja mesin. Cara merawat mesin mobil lainnya bisa dikonsultasikan pada petugas bengkel berpengalaman, sesuai dengan spesifikasi dan kondisi kendaraan.

5. Pelihara AC mobil

Berhubung usianya sudah cukup tua, performa pengatur suhu udara (AC) pada mobil klasik sering bermasalah jika tidak dipelihara dengan baik. Untuk menghindarinya, bersihkan selalu kabin dari debu dan kotoran, terutama karpet-karpet yang terletak di deretan kursi depan. Kotoran dari karpet bisa terserap ke dalam evaporator sehingga menimbulkan jamur dan spora yang membahayakan kesehatan serta bau tidak sedap saat AC dihidupkan.

Selain merawat kondisinya, jangan lupa mengasuransikan mobil kesayangan Anda untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Dengan begitu, koleksi merangkap investasi mobil klasik Anda akan selalu terpelihara kondisinya setiap saat, bukan?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda