Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Tips Liburan Hemat | Pasarpolis Blog

5 Tips Liburan Hemat

 by pasarpolis |  2016-06-14 04:37:04

Rindu pergi liburan, tapi saldo rekening pas-pasan? Jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati liburan keluarga dengan cara menghemat pos pengeluaran.

Menjelang liburan panjang kenaikan kelas, Mariska (34) berangan mengajak kedua anaknya berlibur ke pantai Kuta. Pasti asyik kalau bisa bermain ombak dan membangun istana pasir bersama anak-anak, sambil menikmati indahnya matahari terbenam, pikir Mariska. Ia juga sudah rindu menyusuri pertokoan di daerah Seminyak dan menghirup aroma wangi yang khas setiap kali berjalan melewati tempat-tempat peribadatan di Bali.

Tapi apa daya, lamunan Mariska buyar saat melihat saldo tabungan keluarga yang jumlahnya pas-pasan. Renovasi rumah dan biaya pendaftaran putri pertamanya ke SMP tempo hari ternyata menghabiskan dana yang tak sedikit jumlahnya. Rencana liburan di Pulau Dewata terpaksa harus ‘ditinjau ulang’. Mariska pun sibuk memutar otak agar rencana liburan keluarga tahun ini tidak kandas di tengah jalan. Anda punya pengalaman sama dengan Mariska? Beberapa langkah di bawah ini bisa menjadi solusi untuk menghemat biaya liburan:

1. Pesan tiket sejak jauh-jauh hari

Jika hendak bepergian ke luar kota ataupun ke luar negeri, manfaatkan promosi potongan harga tiket yang secara berkala diadakan oleh sejumlah maskapai penerbangan. Jeda waktu antara masa pembelian tiket dan tanggal keberangkatan biasanya cukup lama, meski terkadang ada pula tiket promo yang dijual untuk tanggal keberangkatan dalam tempo dekat. Biasanya, tiket promo juga lebih mudah diperoleh untuk keberangkatan di hari kerja dan di luar musim liburan sekolah.

2. Selektif memilih penginapan

Jika budget terbatas, tak perlu memaksakan diri menginap di hotel berbintang. Dengan cara browsing di berbagai situs perjalanan, Anda bisa mendapatkan referensi penginapan sekelas losmen yang bersih, nyaman dan terawat. Alternatif lainnya bisa dengan menyewa apartemen ataupun rumah pribadi melalui beberapa situs penginapan, dengan harga sewa bersaing.

3. Manfaatkan transportasi umum

Hitung-hitung olahraga, Anda bisa memanfaatkan transportasi alami alias berjalan kaki saat mengunjungi obyek-obyek wisata. Alih-alih menyewa kendaraan berikut pengemudi, Anda juga bisa memanfaatkan sarana transportasi umum seperti bus, kereta, dan sejenisnya, untuk menghemat pengeluaran. Kemana-mana naik kendaraan umum juga bisa menjadi pengalaman liburan yang unik bagi si kecil. Berbekal peta, rute kendaraan umum, dan koneksi GPS, Anda tak perlu khawatir tersesat di perjalanan.

4. Bawa bekal makanan dan minuman

Anda yang sering bepergian pasti tahu bahwa harga makanan dan minuman di restoran—apalagi yang berlokasi di sekitar tempat wisata yang penuh pengunjung, lumayan menguras kocek. Untuk meminimalkan pengeluaran, opsi membawa sendiri bekal makanan dan minuman sendiri boleh dicoba. Bawa mesin penanak nasi dan kompor portable untuk membantu Anda memasak di perjalanan. Jika tak memungkinkan untuk mengolah makanan sendiri, Anda bisa membeli makanan di warung ataupun restoran yang menjual dengan harga lebih murah, untuk kemudian disantap di tempat wisata yang dikunjungi.

5. Bijak membeli oleh-oleh

Terkadang, membeli oleh-oleh menghabiskan dana yang lumayan besar. Untuk menghindari pembelian yang berlebihan, buat daftar nama orang yang akan Anda belikan oleh-oleh, sebelum mulai berbelanja. Pilih oleh-oleh yang harganya tidak terlalu mahal namun berkesan, seperti makanan tradisional, gantungan kunci, dan hiasan kulkas. Jika mungkin, belilah oleh-oleh di pasar tradisional ketimbang di sentra kerajinan tangan ataupun bandara, yang biasanya mematok harga lebih mahal.

Terakhir, Anda juga bisa melakukan langkah antisipasi untuk menghemat dana liburan dengan cara membeli polis asuransi perjalanan. Dengan begitu, Anda terhindar dari pemborosan dana apabila acara liburan tak berjalan sesuai rencana, misalnya akibat pembatalan penerbangan, jatuh sakit di tengah perjalanan, kehilangan bagasi, dan berbagai kemungkinan lainnya.

Selamat berlibur!

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda