Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Penyakit Ini Turunkan Kemampuan Berpikir Otak | Pasarpolis Blog

5 Penyakit Ini Turunkan Kemampuan Berpikir Otak

 by pasarpolis |  2015-06-11 03:13:24

Tak hanya belajar yang mempengaruhi kemampuan otak dalam berpikir, ternyata penyakit juga berpengaruh terhadap kecerdasan otak. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Jurnal PLoS One, disebutkan sejumlah penyakit bisa mempengaruhi kecerdasan intelektual seseorang. Jika terserang penyakit ini, maka IQ bisa menurun. Apa saja itu?

Penyebab#1: Infeksi

Penyakit yang menular seperti influenza bisa membuat kemampuan otak seseorang menurun, demikian hasil penelitian yang dilakukan Aarhus University di Denmark. Penyebabnya adalah berubahnya cara sel-sel berkomunikasi dengan otak akibat kekebalan tubuh yang menurun.

Penyebab#2: Kanker

Sebenarnya bukan penyakit kanker yang secara langsung menurunkan IQ Anda, tetapi pengobatan seperti kemoterapi. Kemoterapi semacam siklofosfamid, metotreksat dan fluorouracil (CMF) dapat menurunkan kognitif, seperti disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Oncology.

Penyebab#3: Gegar otak

Pengaruh penyakit ini terhadap otak sangat jelas. Berdasarkan sebuah studi terbaru dalam Jurnal Radiologi, disebutkan adanya benjolan di kepala saja dapat mengganggu kinerja seseorang khususnya wanita. Penelitian di Taipei Medical University menyebutkan bahwa perempuan cenderung lebih rentan mengalami cedera otak dibandingkan pria, dan lebih sulit disembuhkan.

Penyebab#4: Insomnia

Sebuah studi di University of Pennsylvania Perelman School of Medicine menyebutkan bahwa kurang tidur kronis bisa menimbulkan efek rusaknya fisik secara permanen, serta sel-sel otak yang hilang khususnya pada respon kognitif dan kewaspadaan.

Penyebab#5: Penyakit Lyme

Tak hanya menyebabkan ruam, penyakit menular dari tikus dank utu ini juga berbahaya bagi otak dan bisa menurunkan kecerdasan kita. Selain itu, penyakit ini juga mengakibatkan nyeri otot dan sendi, serta gangguan pada fungsi otak seperti masalah pada konsentrasi dan memori.

(Baca Juga : Operasi Bukan Jalan Satu-Satunya Sembuhkan Radang Usus Buntu)

Langkah terbaik adalah melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kesehatan, tetapi jika penyakit sudah menyerang, kita hanya bisa melakukan pengobatan. Untuk langkah antisipasi yang paling tepat, Anda bisa manfaatkan perlindungan total dari asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda