Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Langkah Perawatan Motor Musim Hujan yang Cegah Kecelakaan | Pasarpolis Blog

5 Langkah Perawatan Motor Musim Hujan yang Cegah Kecelakaan

 by pasarpolis |  2015-05-27 10:36:44


Apakah Anda pengguna setia kendaraan roda dua sekalipun musim hujan kerap datang secara tiba-tiba? Berhati-hatilah berkendara di musim hujan karena di momen ini angka kecelakaan lalu lintas cenderung cukup tinggi.

Kecelakaan lalu lintas kendaraan bermotor pun memiliki banyak sekali faktor penyebab. Mulai dari lalainya para pengemudi kendaraan lain, hingga kelalaian Anda sendiri sebagai pemilik motor yang minim melakukan perawatan motor. Nah, berikut adalah langkah perawatan kendaraan yang perlu Anda ketahui:

Mencuci motor

Seringnya motor terkena hukan lama-lama akan membuat cat kendaraan menjadi pudar. Hal ini terjadi karena air hujan mengandung asam. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk mencuci motor dengan menggunakan shampoo khusus agar kendaraan tetap berkilau.

Bersihkan sistem pengereman

Mengecek sistem pengereman akan bantu untuk menopang keselamatan Anda saat berkendara. Cara melakukannya pun sangat mudah, Anda cukup menyemprotkan air bertekanan sedang ke bagian kanvas rem. Lakukan sambil memutar roda. Jangan lupa pula untuk mengeringkan kanvas dengan mengendarai motor sejauh 200 meter dan gunakan rem depan dan belakang secara proporsional.

Lumasi piranti bergerak

Piranti motor seperti rantai, kabel gas, dan kabel kopling bisa saja mudah rusak dan berkarat akibat sering terkena tetesan air hujan. Oleh karena itu, lumasilah bagian ini dengan cairan khusus sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Bersihkan busi

Cegah motor mengalami mogok mendadak saat musim hujan dengan membersihkan bagian busi. Pastikan karet busi dalam keadaan baik dan tidak getas.

Panasi motor

Jangan lupa pula untuk rutin melakukan pemanasan motor paling tidak selama 5 menit sebelum digunakan. Usahakan juga untuk tidak memanasi motor lebih dari 5 menit karena selain membuang bahan bakar, pipa knalpot juga bisa menguning.

Selain menjaga kondisi motor, tentu tak ada salahnya bila Anda juga mewaspadai kecelakaan yang bisa terjadi di musim hujan. Keadaan tersebut dapat menimbulkan banyak sekali kerugian pada Anda dan kendaraan.

Maka, jangan ragu untuk mengasuransikan kendaraan Anda dengan memilih produk yang sesuai di PasarPolis. Dengan tarif premi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, Anda sudah dapat memproteksi keselamatan diri dan kendaraan dalam jangka waktu panjang.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda