Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Langkah Antipanik saat Alami Kecelakaan Lalu Lintas | Pasarpolis Blog

5 Langkah Antipanik saat Alami Kecelakaan Lalu Lintas

 by pasarpolis |  2016-06-30 08:11:48

Kasus kecelakaan lalu lintas seringkali sulit dihindari. Namun, tak perlu panik, Anda bisa meminimalisir risikonya dengan langkah-langkah antisipatif ini.

 Rianti (27) sangat gembira, karena akhirnya dia bisa mendapatkan SIM pertamanya dan sudah berani mengemudi seorang diri tanpa pendamping. Sudah sebulan lebih ia berhasil mengemudi pulang pergi dari rumahnya yang berlokasi di Timur Jakarta ke kantornya di Sudirman. Namun suatu hari nasib buruk menimpa Rianti. Ketika ia sedang mengemudi santai di jalanan tol yang lengang, tiba-tiba ia merasakan sentakan mendadak. Seseorang telah menabrak mobilnya dengan cukup keras. Beruntung ia tidak mengalami luka fisik serius, hanya rasa panik yang membuat lututnya lemas dan bemper belakang mobilnya yang rusak. Ia tidak bisa berpikir banyak, yang ada di kepalanya hanya satu, “Apa yang harus saya lakukan?”

Kasus kecelakaan lalu lintas : pengemudi tidak disiplin

Rianti bukan satu-satunya korban kecelakaan lalu lintas. Setiap hari ada saja peristiwa kecelakaan lalu lintas. Jalanan memang tak bisa diprediksi. Menurut data Kepolisian Repubulik Indonesia, sepanjang tahun lalu,  kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 23.000 kasus.  Dari 23 ribu kasus kecelakaan lalu lintas, ribuan korban meninggal dunia di jalanan.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas ini selain dikarenakan human error dan sifat tidak disiplin pengendara di jalanan, juga dipengaruhi cara berpikir masyarakat, bahwa kendaraan yang bagus adalah yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Mereka tidak mementingkan keselamatan dalam mengemudi. Kasus Rianti bisa dijadikan pelajaran bahwa siapa pun bisa menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Kasus kecelakaan lalu lintas: langkah antisipatif

Bila Anda mengalami tragedi kecelakaan lalu lintas seperti yang dialami Rianti, Anda bisa mengatasinya dengan lima langkah ini:

1.Tarik napas dalam

Setelah kecelakaan, Anda mungkin merasakan berbagai emosi, shocked, rasa bersalah, rasa takut, gugup, atau marah-yang semuanya adalah normal. Bila Anda tidak mengalami luka, cobalah menarik napas dalam-dalam atau menghitung sampai 10 untuk menenangkan perasaan Anda. Ketika Anda lebih tenang, maka Anda bisa mengendalikan situasi dan mendapat gambaran apakah kecelakaan yang terjadi cukup serius atau tidak.

2. Nyalakan lampu hazard

Jika Anda tidak bisa keluar dari mobil Anda, atau tidak aman untuk mencoba keluar karena banyak orang, tetaplah berada di dalam dengan sabuk pengaman tetap terikat. Anda bisa menunggu bantuan datang dengan menyalakan lampu hazard.

3. Pasang tanda darurat

Jika hanya tabrakan kecil, pindahkan mobil ke tempat yang aman, sehingga mobil Anda tidak mengganggu lalu lintas. Lalu pasang tanda-tanda darurat, seperti setigiga oranye, segitiga peringatan atau flare darurat di sekitar lokasi kejadian. Lakukan hal yang sama jika mobil tidak bisa dipindahkan karena mesin mati.

4. Periksa cidera dan laporkan insiden tersebut

Periksa keadaan semua orang yang terlibat dalam kecelakaan tersebut untuk memastikan apakah mereka memiliki luka. Ini termasuk memastikan Anda tidak memiliki cidera serius. Hubungi polisi dengan alat komunikasi yang ada/terdekat dengan memberitahukan apa yang terjadi dan lokasinya. Lalu serahkan semua yang diperlukan dan ceritakan dari awal sampai akhir kejadian tersebut pada polisi. Jawab pertanayaan dengan sejujur-jujurnya dan ikuti petunjuk petugas lebih lanjut.

5. Hubungi customer care asuransi kecelakaan Anda

Beruntunglah bila Anda memiliki asuransi kecelakaan. Anda tinggal menghubungi customer care perusahaan asuransi Anda, menceritakan kasus kecelakaan lalu lintas yang Anda alami, lalu berikutnya mereka yang akan menyelesaikannya untuk Anda. Asuransi kecelakaan akan memberikan biaya perawatan untuk cidera ringan sekali pun. Santunan kematian juga diberikan bila terjadi korban jiwa akibat kecelakaan.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan bila mengalami kasus kecelakaan lalu lintas. Terpenting, karena Anda begitu berharga, lindungi diri Anda di jalanan dengan asuransi kecelakaan yang tepercaya. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda