Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Keutamaan Amalan Sunah di Bulan Ramadan | Pasarpolis Blog

5 Keutamaan Amalan Sunah di Bulan Ramadan

 by pasarpolis |  2015-06-18 08:06:37

Amalan Sunah di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Namun di samping itu, ada beberapa amalan sunah di bulan Ramadan yang menyimpan keutamaan dan hikmah bagi siapa saja yang melaksanakannya. Apa saja amalan sunah di bulan Ramadan? Berikut ulasannya:

Amalan Sunah di bulan Ramadan yang pertama: Menyegerakan Berbuka Puasa

Amalan sunah di bulan Ramadan yang pertama dan mudah dilaksanakan adalah menyegerakan berbuka ketika telah tiba waktunya. Karena didalamnya tedapat banyak kebaikan, seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

(Baca Juga: Doa Buka Puasa dan Hikmah di Baliknya)

Amalan Sunah di bulan Ramadan yang kedua: Makan Sahur

Makan sahur juga menyimpan keutamaan tersendiri. Selain dapat memperlancar puasa karena kebutuhan energi tubuh terpenuhi, sahur juga termasuk amalan sunah di bulan Ramadan yang mudah utnuk dilakukan, selain itu sahur ketika berpuasa juga akan mendapatkan berkah. Seperti hadist Bukhari dan Muslim berikut yang artinya: “Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.”

Amalan Sunah di bulan Ramadan yang ketiga: Salat Tarawih

Amalan sunah di bulan Ramadan yang satu ini adalah yang paling khas saat bulan Ramadan. Salat Tarawih bisa dilakukan berjamaah di masjid, maupun sendirian di rumah. Salat Tarawih pada masing-masing malam memiliki keutamaan yang berbeda-beda, mulai dari membuka pintu rezeki sampai menghapus dosa yang telah lalu. Amalan sunah yang satu ini hanya bisa dilakukan ketika bulan Ramadan

Amalan Sunah di bulan Ramadan yang keempat: Membaca Al Quran

Selepas tarawih, biasanya masjid-masjid atau musholla dipenuhi dengan anak-anak hingga orang dewasa untuk bertadarus (mengaji bersama) hal ini dilakukan karena membaca Al Quran termasuk salah satu amalan sunah di bulan Ramadan yang disarankan untuk dilakukan. Karena ternyata Rasulullah SAW pun lebih banyak membaca Al Quran ketika bulan Ramadan datang, jika dibandingkan dengan bulan lain. Membaca Al Quran akan membawa berkah bagi kita, serta dapat menjauhkan kita dari penyakit pikun.
(Baca Juga: Operasikan Tol Cikapali Sebelum Puasa Ramadan, Mustahil!)

Amalan Sunah di bulan Ramadan yang kelima: Memberikan Makanan untuk Berbuka

Menjelang saat berbuka tiba, biasanya di beberapa lampu merah dan di pinggir-pinggir jalan orang- orang berlomba untuk melakukan amalan sunah di bulan Ramadan dengan membagikan takjil gratis untuk berbuka. Hal ini ternyata memiliki manfaat yang tidak terkira, seperti hadist Shohih Nasa’I dan Tirmidzi yang artinya sebagai berikut:

“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu.”

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda