Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
5 Indikator Kondisi Internal Perusahaan Asuransi yang Sehat | Pasarpolis Blog

5 Indikator Kondisi Internal Perusahaan Asuransi yang Sehat

 by pasarpolis |  2015-05-25 07:31:14


Dewasa ini, jumlah perusahaan asuransi di Indonesia semakin meningkat dan persaingan pun bertambah ketat. Maka tak heran bila Anda pun kerap kebingungan untuk memilih perusahaan asuransi kesehatan yang mampu memberikan pertanggungan terbaik dan memuaskan.

Indikator Perusahaan Asuransi Sehat

Namun, kini Anda tak perlu risau karena kini ada sejumlah indikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah internal perusahaan asuransi tersebut sehat atau tidak. Berikut indikator perusahaan asuransi sehat yang bisa menghindarkan Anda untuk mengalamai transaksi asuransi yang merugikan:

Indikator perusahaan asuransi sehat 1: Reputasi bagus

Reputasi perusahaan asuransi yang sehat umumnya akan terdaftar pada Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) atau Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Selain itu, Anda juga bisa melakukan observasi seputar reputasi perusahaan di mata publik dan hukum untuk mencari tahu status hukum perusahaan karena hal ini terkait dengan investasi yang Anda kucurkan.

Indikator perusahaan asuransi sehat 2 : Cabang luas

Banyaknya cabang sebuah perusahaan asuransi di berbagai daerah juga menjadi indikator kredibilitas perusahaan asuansi yang bersangkutan. Cobalah cek ada berapa banyak cabang regional yang dimiliki, makin banyak cabangnya, makin tinggi pula kepercayaan masyarakat dan transaksi dengan perusahaan asuransi inipun jadi lebih fleksibel.

Indikator perusahaan asuransi sehat 3: Nasabah banyak

Jumlah nasabah di setiap kantor cabang perusahaan asuransi tertentu juga perlu untuk dicek. Jangan sampai Anda bertransaksi dengan perusahaan yang memiliki cabang regional banyak tapi miskin nasabah. Jangan lupa pula untuk menanyakan komentar mereka yang telah bertransaksi sampai sejauh ini.

Indikator perusahaan asuransi sehat 4: Kekuatan Finansial

Cabang banyak dan tampilan parlente para pegawainya masih belum kuat untuk menjadi indikator sehatnya perusahaan asuransi yang bersangkutan. Anda perlu memeriksa kekuatan finansial dari perusahaan asuransi tersebut yang biasanya dapat kita lihat atau tersaji dalam situs resmi perusahaan asuransi tersebut. Bandingkan aset yang dimiliki dengan kewajiban utang perusahaan pada pihak ketiga.

Indikator perusahaan asuransi sehat 5: Adanya Award

Award yang diberikan oleh lembaga kredibel pada perusahaan asuransi dalam berbagai kategori juga bisa dijadikan indikator akan sehatnya kondisi keuangan perusahaan. Award tersebut dapat bagusnya perusahaan dalam berbagai kategori seperti besarnya aset yang dimiliki, inovasi produk, dan layanan konsumen yang memuaskan.

(Baca Juga : 7 Prinsip Asuransi yang Berfungsi Guna Memperlancar Industri Jasa Proteksi dan Pertanggungan)

Nah, kini giliran Anda untuk melihat kelima indikator tersebut pada perusahaan asuransi yang akan dijadikan mitra transaksi. Bila kelima indikator tersebut terpenuhi, maka besar kemungkinan Anda sudah tepat untuk memilih transaksi dengan perusahaan asuransi yang memiliki kondisi internal sehat.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda