Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
4 Tipe Masyarakat Pengguna Asuransi Syariah | Pasarpolis Blog

4 Tipe Masyarakat Pengguna Asuransi Syariah

 by pasarpolis |  2015-06-11 11:27:47

 

Bila dulu asuransi hanya terbatas pada lingkup konvensional, kini keberadaan asuransi berbasis syariah mulai banyak bermunculan. Tentu, kemunculan asuransi syariah tak lepas dari tuntutan pasar yang ingin dengan penawaran produk yang lebih bervariasi.

Wakil Ketua Komite Tetap Keuangan Syariah Kadin Indonesi, Adiwarman A Karim menuturkan bahwa dalam menawarkan produk asuransi syariah terhadap masyarakat, setidaknya ada empat segmen pasar yang perlu diperhatikan.

Segmen pasar pertama adalah masyarakat apatis. Kelompok masyarakat ini menilai bahwa asuransi syariah tersebut tidak penting. Bagi lapisan ini, asuransi tersebut yang penting memiliki tarif premi murah sehingga mereka tidak berpatokan apakah asuransi tersebut konvensional atau syariah.

Tipe kedua adalah orang-orang yang kerap berpikir rasionalis. Bagi lapisan masyarakat ini, murah saja tidak cukup. Kelengkapan dan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh pihak asuransi tersebut menjadi bahan pertimbangan utama yang tak bisa dilupakan.

Menurut Adiwarman, tipe kedua ini biasanya paling sering melontarkan berbagai pertanyaan saat ada di lapangan. Menurutnya, klien tipe ini tak akan rela untuk membayar misalnya hanya Rp 50 ribu tapi fitur yang ditawarkan amat sedikit.

Tipe ketiga adalah universal yang mana klien dalam golongan ini menuntut agar asuransi tersebut mengutamakan kejujuran. Mereka akan berani menyampaikan unek-unek agar pihak asuransi tidak hanya rajin dalam menagih premi, tapi juga memberikan kemudahan ketika menerima klaim dari pemegang polis.

Tipe ke empat adalah conformist, yakni orang yang sangat menjunjung tinggi syariah Islam. Intinya, mereka yang ada dalam kalangan ini berpendapat bahwa bila perusahaan asuransi tersebut berbasiskan syariah, maka pasti 100% syariah.

(Baca Juga : Agen Asuransi Syariah Wajib Paham 4 Golongan dalam Masyarakat)

Oleh karena itu, Adiwarman menganjurkan agar agen asuransi syariah menyiapkan dua hal dalam menghadapi segmen pasar ke empat, yakni fotocopy pengawasan dewan pengangkat syariah dari MUI dan foto bersama direksi MUI agar klien menjadi percaya.

Ia juga melanjutkan bahwa bila memang pihak asuransi syariah ingin agar bisnis mereka berjalan lancar, paling tidak empat segmen pasar ini harus benar-benar dipahami dengan baik. Dengan begitu, perluasan bisnis asuransi syariah ni akan semakin berkembang pesat.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda