Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
4 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi | Pasarpolis Blog

4 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi

 by pasarpolis |  2015-12-02 03:07:01

Terdapat empat penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Apa saja?

#1. Penyakit jantung

Penyakit jantung, disebut-sebut sebagai penyakit pembunuh nomor satu di sunia. Di Indonesia, berdasarkan data di situs Departemen Kesehatan RI, terdapat 17,3 juta kematian per tahun yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Penyakit jantung bisa berupa kardiovaskular, penyempitan arteri dan penyumbatan pada pembuluh darah yang merupakan penyebab terjadinya stroke, penyakit angina duduk atau kematian mendadak, serta nyeri dada (heart burn). Selain itu, aritmia yang menyebabkan detak jantung tak beraturan, bisa terlalu cepat atau lambat, juga bisa menjadi penyebab kematian.

Penyakit jantung, biasanya di awali dengan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol meningkat, serta keturunan. Selain kondisi tubuh, gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan tidur tidak teratur, juga dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung.

Meskipun penyakit jantung biasanya juga disebabkan oleh faktor usia, namun saat ini, karena gaya hidup yang buruk, oaring-orang di usia produktif pun menderita penyakit jantung.

#2. Kanker

Seperti halnya penyakit jantung, kanker juga bukan penyakit menular. Menurut Departemen Kesehatan RI, kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh dengan cepat dan tak terkendali, serta dapat menyebar kebagian tubuh lainnya. Sel kanker bersifat ganas akan merusak sel-sel sehat disekitarnya untuk bertahan hidup, hal inilah yang akhirnya menyebabkan kerusakan dan disfungsi organ.

Dari berbagai macam jenis kanker yang ada, Kementrian Kesehatan mencatat bahwa kanker payudara dan kanker serviks (leher Rahim merupakan kasus kanker tertinggi di Indonesia. Pada anak, leukemia atau kanker sel darah putih dan kanker tulang merupakan jenis kanker yang sering terjadi.

( Baca juga : Antisipasi Ganasnya Kanker Usus Besar dengan Cara Mudah )

Kanker dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk lingkungan yang memiliki karsinogen seperti asap rokok dan pekerja pabrik yang terpapar debu asbes, pola makan yang tidak sehat, keturunan atau faktor genetik, dan infeksi virus seperti yang terjadi pada kanker leher rahim. Untuk mencegahnya tentu saja dengan cara membiasakan hidup sehat serta rajin berolahraga.

#3. Radang Sendi

Radang sendi atau atritis rheumatoid merupakan penyakit yang terjadi akibat autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri dan sel-sel sehat lainnya. Penyerangan oleh sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjadi pelindung ini mengakibatkan peradangan pada sendi dengan waktu yang cukup lama.

National Institustes of Health mengungkapkan bahwa ostoartritis merupakan salah satu penyakit radang sendi yang paling sering menyerang. Osteoartritis menyebabkan rasa sakit atau nyilu di bagian bawah punggung, lutut, pinggul, tangan dan leher. Tak jarang pula osteoarthritis menyebabkan terjadinya pengkristalan asam urat.

Penyakit radang sendi biasanya terjadi karena faktor usia dan proses penuaan pada tubuh. Namun, tidak menutup kemungkinan radang sendi disebabkan oleh faktor lainnya, termasuk kelamahan otot paha, aktivitas fisik yang berlebihan, seperti yang sering terjadi pada atlet dan pekerja kasar, serta perawatan yang tidak tepat pada patah tulang yang terjadi di sekitar sendi.

Penderita radang sendi, biasanya mendapatkan obat penghilang rasa sakit dan beberapa obat-obatan khusus sendi lainnya, bergantung pada penyebab radang sendi.

#4. Hipertensi

Hipertensi menduduki urutan keempat sebagai penyakit penyebab kematian tertinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini dipicu oleh penyempitan pembuluh darah yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia.

Perhinpunan Dokter Hipertensi Indonesia, menyebutkan bahwa hipertensi menjadi penyebab kematian pada 7 juta penduduk Indonesia. Ini artinya, Anda tidak boleh meremehkan hipertensi begitu saja.

Hipertensi, bisa disebabkan oleh faktor usia, keturunan, berat bada berlebih atau obesitas, konsumsi garam, konsumsi alkohol, serta stres. Untuk mencegahnya, Anda tentu saja wajib menjalankan pola hidup sehat serta rutin berolahraga.

( Baca juga : Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Proses Persalinan Ibu )

Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Tapi ketika salah satu dari empat penyakit ini terlanjur menyerang, setidaknya Anda harus memiliki perlindungan diri, seperti asuransi.

Asuransi bukan hanya melindungi Anda dari sisi finansial, tapi juga mempermudah Anda dalam melakukan pengobatan karena tak perlu lagi memikirkan masalah biaya. Yuk, lindungi diri dan keluarga dengan produk asuransi.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda