Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
4 Pantangan Dalam Memilih Asuransi Ketika Kredit Mobil Baru | Pasarpolis Blog

4 Pantangan Dalam Memilih Asuransi Ketika Kredit Mobil Baru

 by pasarpolis |  2015-04-20 02:13:29

Dengan semakin tingginya tingkat taraf hidup masyarakat Indonesia, maka tidak heran banyak sekali dari mereka yang membeli mobil, baik itu yang baru atau juga yang bekas. Seiring hal ini pula, kesadaraan akan untuk membeli produk proteksi asuransi, khususnya untuk kendaraan juga tumbuh pesat.

Ditambah lagi harga mobil yang tergolong mahal, menjadikan banyak orang lebih mempercayakan proteksi kendaraannya kepada asuransi. Dan lagi, tidak sedikit dari perusahaan pembiayaan yang juga langsung menawarkan produk asuransi kepada calon pelanggan mereka yang ingin membeli kendaraan secara cara kredit. (Baca: Premi Asuransi Mobil All Risk 5 Mobil Mewah Seleb Indonesia)

Sayangnya, tidak semua orang memiliki informasi atau pengetahuan khusus mengenai asuransi kendaraan. Tidak sedikit yang membiarkan perusahaan pembiayaan untuk memilihkan perusahaan asuransi mana yang akan dijadikan penangung jawab mobil mereka. Padahal, penting bagi Anda untuk mencermati hal sebelum memutuskan produk asuransi yang tepat untuk dipilih.

Secara garis besar, sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SE OJK) tahun 2013 lalu, sudah ada ketentuan dan standarisasi tentang masalah premi untuk setiap wliayah serta perhitungan khusus untuk perlindungan tambahan yaitu: All Comprehensive (All Risk) dan Total Lost Only (TLO).

‚ÄčAkan tetapi, untuk hal-hal lainnya, Andalah yang perlu melakukan ‘investigasi’ sendiri. 

Bagaimana caranya? Mudah saja! Anda tinggal memperhatikan beberapa pantangan berikut ini supaya bisa memperoleh perlindungan asuransi yang menyeluruh untuk mobil yang dibeli secara kredit:

Tips#1: Jangan terjebak layanan yang muluk-muluk

Pastinya hampir semua perusahaan mutifinance akan menawarkan perlindungan asuransi kepada pelanggan yang membeli mobil dengan cara kredit. Dari banyaknya perusahaan asuransi kendaraan yang ada di Indonesia, semuanya pastinya akan berlomba-lomba menciptakan layanan plus sebagai tambahan produk asuransi kendaraan aslinya.

Oleh karena itu, patut dicermati agar tidak terperosok oleh ‘jebakan’ perusahaan asuransi yang menawarkan layanan terlalu muluk. Pastikan layanan tersebut bukan abal-abal dan disertai dengan penjelasan detail terkait hal tersebut.(Baca: 4 Langkah Jitu Pilih Asuransi Mobil yang Menguntungkan)

Apabila ada perusahaan asuransi yang menawarkan layanan tambahan berkualitas dan memiliki kredibilitas tinggi, maka itu wajib jadi pilihan Anda. Misalnya saja berupa proses klaim yang tidak bertele-tele dan cepat, tersedianya derek gratis dan mobil pengganti selama mobil yang diasuransikan sedang dalam proses perbaikan, sampai dengan terdapatnya hotline agar dapat dihubungi sewaktu-waktu.

Tips#2: Jangan tergiur tarif yang ringan

Tentunya, ada banyak cara yang akan dilakukan oleh perusahaan asuransi kendaraan untuk mendapatkan klien misalnya saja melalui penawaran premi murah. Akan tetapi, sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SE OJK) tahun 2013 lalu, sudah ada penyesuaian atau standarisasi terkait seluruh jenis kendaraan yang dibedakan berdasarkan wilayahnya. Maka apabila ada penawaran tarif premi murah sampai dengan potongan harga, maka Anda harus berpikir dua kali sebelum menerimanya.( Baca: JKN Membumi, Perusahaan Asuransi Hadapi Banyak Tantangan 2015 )

Tips#3: Jangan asal pilih jenis perlindungan

Ada dua jenis perlindungan asuransi kendaraan seperti yang diatur dalam SE OJK 2013 yaitu Comprehensive (All Risk) dan Total Lost Only (TLO). Untuk All Risk, maka Anda akan mendapatkan ganti rugi secara penuh atas kerugian yang diakibatkan kerusakan baik yang dalam taraf sepele sampai dengan yang berat. Sedangkan apabila Anda memilih menggunakan TLO, maka jenis perlindungan dan coveringnya serta benefit yang didapatkan tidak sebanyak All Risk.

Karena All Risk memiliki coverage yang cukup luas dibandingkan TLO, maka tarif premi (seperti yang ada di daftar SE OJK 2013) juga lebih tinggi. Jadi hitung dan pertimbangkan dengan baik jenis perlindungan mana yang benar-benar sesuai dengan budget yang dimiliki. ( Baca: All Risk, Pilihan Tepat Untuk Lindungi Kendaraan dari Segala Macam Masalah )

Selain itu, Anda juga harus memeriksa apakah perusahaan asuransi kendaraan yang bersangkutan memiliki perlindungan yang meluas atau tidak, seperti perlindungan terhadap banjir, huru-hara dan bencana alam. Sebab, tidak semua perusahaan asuransi kendaraan mengikutsertakan layanan tambahan seperti itu.

Tips#4: Jangan lupa memeriksa bengkel rekanan perusahaan

Pastinya semua multifinance yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi kendaraan juga menjalin kerja sama dengan bengkel yang telah mereka pilih. Untuk itu, seperti halnya memilih perusahaan asuransi yang baik, Anda juga perlu memeriksa dengan detail terkait bengkel rekanannya. (Baca: Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Pilih Bengkel Rekanan Asuransi Kendaraan)

Anda bisa mencari informasi terkait bengkel tersebut melalui orang-orang yang pernah menggunakan jasa layanannya atau melalui internet dan media lain. Cari tahu juga apakah jenis suku cadang dan spare part yang digunakan asli atau tidak. Tentunya apabila spare part yang digunakan oleh bengkel tersebut tidak asli, maka akan muncul masalah-masalah lain yang akan mengganggu aktivitas dan juga waktu Anda di kemudian hari.

Memang tidak mudah memilih asuransi kendaraan terutama yang dalam status kredit. Akan tetapi, dengan membaca beberapa tips di atas, maka setidaknya Anda akan mendapatkan informasi terkait apa saja yang harus dilakukan ketika ingin membeli mobil dengan kredit sekaligus memberikan perlindungan melalui asuransi. #CekPremiKendaraan

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda