Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
4 Makanan Lezat dan Sehat untuk Berbuka Puasa | Pasarpolis Blog

4 Makanan Lezat dan Sehat untuk Berbuka Puasa

 by pasarpolis |  2015-06-11 04:00:54

 

Apa saja makanan untuk berbuka puasa yang baik bagi tubuh ?

Saat puasa, tak bisa dihindari tubuh kadang terasa lemas. Ditambah lagi jika cuaca sedang panas. Tak hanya itu, massa otot juga mengalami penurunan saat berpuasa. Hal-hal itulah yang membuat kita harus menjaga pola makan dengan baik, khususnya saat berbuka puasa. Diperlukan makanan untuk berbuka puasa yang dapat mengembalikan energi tubuh kita, seperti berikut:

Makanan untuk berbuka puasa yang baik bagi tubuh yang pertama :  Daging

Daging menjadi sumber protein, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa mengonsumsi daging ayam, sapi, kambing atau ikan sebanyak satu sampai dua porsi, dengan didampingi kacang-kacangan. Makanan berprotein tinggi merupakan makanan untuk berbuka puasa yang dapat mengembalikan energi tubuh kita.

Makanan untuk berbuka puasa yang baik bagi tubuh yang kedua : Sayuran

Selain protein, makanan untuk berbuka puasa yang lain adalah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, serat dan antioksidan ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi sayuran dapat membuat kulit wajah terlihat lebih bercahaya. Anda disarankan mengonsumsi tiga sampai empat porsi sayuran saat berbuka.

Makanan untuk berbuka puasa yang baik bagi tubuh yang ketiga: Roti atau sereal

Ini merupakan sumber karbohidrat yang menjadi bahan bakar untuk energi tubuh. Makanan untuk berbuka puasa seperti roti gandum dan beras merah merupakan bahan bakar yang bagus untuk tubuh. Untuk mendapat manfaat kesehatan secara penuh, satu sampai dua porsi karbohidrat kompleks plus serat sangat baik untuk tubuh Anda.

Makanan untuk berbuka puasa yang baik bagi tubuh yang keempat: Susu

Kayanya kandungan kalsium dan protein di dalam susu berfungsi menjaga kesehatan tulang dan jaringan tubuh lainnya. Selain itu, susu juga dapat menjaga fungsi fisiologis lain pada tubuh. Sediakan susu sapi rendah lemak saat berbuka puasa.

Cara mengolah makanan yang paling baik adalah dengan tidak menggoreng semuanya, namun sebagian diolah dengan cara lain seperti dikukus atau dipanggang.

Dengan memakan makanan yang baik untuk berbuka puasa, niscaya puasa akan lancar dan tubuh tetap bugar. Jangan sampai ketika melakukan ibadah puasa malah jadi sakit dan tidak produktif. Akan tetapi ada kalanya kita berjaga-jaga untuk masalah kesehatan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, gunakan perlindungan dari asuransi kesehatan tentu membuat kita merasa lebih aman dari berbagai resiko sakit akibat lelah ketika berpuasa. Sebab, biaya untuk berobat akan ditanggung oleh pihak asuransi sehingga kita tidak akan mengalami kerugian secara materi. Namun, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan setiap hari untuk mencegah berbagai resiko penyakit sedini mungkin. Apalagi, saat kita sedang melaksanakan puasa.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda