Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
4 Langkah Tepat Agar Klaim Asuransi Kesehatan Diterima | Pasarpolis Blog

4 Langkah Tepat Agar Klaim Asuransi Kesehatan Diterima

 by pasarpolis |  2015-06-04 07:50:23

Melakukan klaim asuransi adalah bagian paling penting yang membutuhkan informasi sangat detail agar bisa diterima oleh pihak asuransi. Terkadang seorang pemegang polis harus bolak-balik membuat surat keterangan setelah klaimnya ditolak berkali-kali. Peraturan yang mengikat kedua belah pihak baik pemegang polis maupun pihak asuransi sebenarnya sudah tertulis jelas pada ketentuan dalam polis.

(Baca Juga : Mengenali Sisi Positif dan Negatif BPJS Kesehatan)

Yang menjadi masalah, banyak peserta asuransi yang kadang tidak teliti dan kurang membaca Polis dengan baik. Akibatnya, proses klaim jadi rumit dan terasa menyusahkan, terutama pada asuransi kesehatan. Agar klaim asuransi Anda bisa diterima dan diproses dengan mudah, berikut 4 poin penting yang harus Anda cermati:

Point#1: Melebihi masa tunggu klaim asuransi kesehatan

Masa tunggu atau grace period adalah masa di mana tertanggung belum boleh mengajukan klaim. Biasanya lamanya 30 sampai 60 hari sejak disetujuinya polis. Sebelum mengajukan klaim, sebaiknya pahami betul berapa lama masa tunggu asuransi kesehatan.

Point#2: Bukan penyakit yang tidak diganti pada 1 tahun pertama

Tidak semua penyakit diberi masa tunggu 30 sampai 60 hari. Ada beberapa penyakit dengan masa tunggu lebih lama, yakni 12 bulan atau 1 tahun, jadi Anda baru bisa melakukan klaim 12 bulan setelah polis disetujui, dan klaim seelum 1 tahun tidak akan disetujui atau ditolak.

Point#3: Bukan pre-existing condition

Ini merupakan ketentuan dalam asuransi kesehatan yang menjelaskan bahwa peserta menderita penyakit atau kondisi yang sudah ada sebelumnya. Jika ini terjadi, biaya apapun yang diklaim pihak tertanggung tidak akan dibayar oleh pihak asuransi.

Point#4: Memenuhi syarat rawat inap

Syarat klaim rawat inap harus memenuhi beberapa ketentuan, yakni rumah sakit dan klinik harus sesuai dengan rujukan yang ditetapkan pihak asuransi. Selain itu, ketentuan lamanya rawat inap juga menentukan pengajuan klaim Anda agar bisa diterima.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda