Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
3 Langkah Tepat Tepat Jika Mobil Anda Dicuri | Pasarpolis Blog

3 Langkah Tepat Tepat Jika Mobil Anda Dicuri

 by pasarpolis |  2015-05-25 07:50:35

Ketika Mobil Dicuri

Aksi kejahatan tidak dapat diduga dan dapat terjadi kapan saja di mana saja. Beruntunglah bagi Anda yang memiliki produk perlindungan berupa asuransi kendaraan bermotor. Dengan memiliki produk asuransi kendaraan, tidak hanya karena menjadi korban aksi kejahatan saja, kendaraan Anda juga akan terlindungi dari berbagai macam jenis musibah, seperti salah satu contohnya adalah bencana alam.

Memang ada agen yang akan menjelaskan secara detail mengenai produk asuransi kendaraan yang dijualnya. Mulai dari benefit yang didapatkan, premi yang dibayar sampai dengan proses melakukan klaim. Namun, tidak sedikit pula yang hanya menjelaskan sisi-sisi awalnya saja dan tidak memberitahukan informasi mengenai pencairan klaim.

Dan tidak semua orang mengerti dan paham akan apa yang harus dilakukan jika kendaraan dicuri maling serta bagaimana harus dilakukan untuk memudahkan klaim sekaligus pencairannya. Berikut ini adalah tips mudah apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan dan mencairkan klaim ketika mobil menjadi obyek pencurian.

Tips#1: Dont panic!

Langkah awal adalah tidak panik dan berpikir tenang agar dapat menyelesaikan masalah sekaligus menemukan solusi dengan cepat.

Tips#2: Melapor

Disarankan untuk sesegera mungkin melaporkan pencurian tersebut ke pihak kepolisian. Setelah mendapatkan surat keterangan dari pihak kepolisian, Anda harus dengan cepat melaporkan juga ke pihak asuransi agar dapat diproses dengan cepat. Usahakan tidak menunggu lama atau paling lambat 1 jam setelah kejadian berlangsung. Anda juga harus membeberkan kronologis kejadian kepada pihak asuransi sebagai bahan untuk melakukan analisis.

Tips#3: Mengirimkan berkas

Setelah melaporkan tindak pencurian yang Anda alami kepada pihak asuransi, Anda juga harus pergi ke perusahaan yang bersangkutan untuk menyerahkan berkas-berkas penting, seperti surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian atau juga BAP jika tersedia, fotokopi polis asuransi kendaraan yang hilang, formulir klaim asuransi yang telah diisi lengkap, foto kopi SIM, STNK, BPKB, Faktur beserta kopiannya, kunci kontak asli beserta duplikatnya, surat keterangan Kadit Serse Polda, surat tanda pemblokiran STNK Polda kwitansi bermaterai kosong rangkap 3 dan surat Subrogasi.

(Baca Juga : Urutan Prosedur Ajukan Klaim untuk Asuransi Mobil)

Bagi yang kendaraannya masih berstatus kredit, Anda dapat juga melaporkan ke perusahaan pembiayaan atau leasing dan menyertakan dokumen-dokumen pendukung lain, khususnya surat keterangan dari pihak kepolisian.

Namun, pihak asuransi akan membatalkan survei sampai dengan analisis sebelum mencairkan klaim apabila kendaraan yang dipertanggungkan hilang karena kasus penggelapan.

Hal tersebut dikarenakan pencurian dan penggelapan adalah suatu hal yang berbeda. Apabila pencurian adalah suatu hal yang tidak disadari, sedangkan penggelapan adalah suatu hal yang disadari.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pihak asuransi akan melakukan penelitian, investigasi sampai dengan analisis. Klaim asuransi pada umumnya akan dapat dicarikan setelah 14 - 21 hari terhitung sejak pertama kali melaporkan.

Namun, apabila sebelum 60 hari kendaraan yang dinyatakan hilang karena dicuri telah diketemukan maka kerugian yang dilaporkan masuk dalam kategori Partial Loss. Dan untuk mengajukan klaim Partial Loss, pemegang polis harus menyertakan juga surat laporan dari kepolisian setempat.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda