Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
3 Langkah Mudah Hitung Anggaran Asuransi Kecelakaan Diri | Pasarpolis Blog

3 Langkah Mudah Hitung Anggaran Asuransi Kecelakaan Diri

 by pasarpolis |  2015-05-25 06:30:51


Indonesia tergolong negara yang belum “melek” asuransi sepenuhnya. Berdasarkan data OJK (Otoritas Jasa Keuangan), hingga tahun 2013, hanya 4% saja dari 240 juta penduduk Indonesia yang sudah memakai jasa asuransi. Memang ada banyak sebab mengapa seseorang enggan mengunakan jasa asuransi, dan salah satu yang paling umum adalah ketakutan akan keterbatasan dana.

Pintar Hitung Premi Asuransi

Premi asuransi masih dianggap terlalu mahal sehingga justru dihindari. Namun, kita tidak tahu kapan musibah bisa terjadi, karena itulah mari mengubah pola pikir “takut asuransi” tersebut dan mulai melakukan langkah cerdas menghitung anggaran untuk setidaknya mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan diri.

Langkah#1: Menghitung pajak pemasukan

Untuk mengetahui anggaran awal yang akan menjadi dana alokasi dalam sebulan, terlebih dulu hitung pemasukan bersih per bulan. Bagi Anda yang berwirausaha, kurangi pendapatan dengan pengeluaran bisnis Anda.

Langkah#2: Membatasi pengeluaran pokok 50%, keinginan 30%

Cobalah untuk lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Pisahkan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan mencakup barang-barang keperluan pokok seperti bahan makanan, bahan bakar kendaraan dan kebutuhan pokok lainnya. Sisihkan 50% untuk kebutuhan Anda. Sementara keinginan adalah pengeluaran  yang sifatnya tentu tidak mendesak, seperti ponsel baru atau biaya liburan. Alokasikan 30% dari anggaran Anda.

Langkah#3: Menyisihkan 20% untuk menabung, investasi dan dana darurat

Untuk menabung, sisihkan 15% dari pendapatan. Sementara, 5% gunakanlah untuk investasi dan keperluan darurat, seperti membayar jasa perlindungan dari asuransi. 5% dari pendapatan sebenarnya sudah cukup untuk membayar premi asuransi tiap bulan, paling tidak untuk asuransi kecelakaan diri. Rentang harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu. Anda bisa memiih-milih terlebih dulu dan membandingkan mana asuransi yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Baru kemudian putuskan asuransi terbaik yang akan Anda gunakan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda