Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
3 Jenis Asuransi Penting untuk Perempuan | Pasarpolis Blog

3 Jenis Asuransi Penting untuk Perempuan

 by pasarpolis |  2015-12-22 03:24:27

Sebagai perempuan, ada beberapa asuransi yang perlu dimiliki demi mempertahankan kesejahteraan hidup. Namun sayangnya hingga kini masih sedikit yang punya kesadaran untuk memilikinya.

Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), jumlah pemegang polis asuransi –individu dan gabungan– di Indonesia hingga pertengahan tahun ini mencapai sekitar 87 juta orang. Meski jumlah ini meningkat, sebenarnya hanya sekitar 5,3% dari total penduduk Indonesia yang punya asuransi individu.    

Mengambil asuransi seringkali dianggap tindakan yang tidak terlalu penting dibandingkan memiliki tabungan dan deposito. Banyak karyawan yang mengandalkan asuransi kesehatan dari perusahaan mereka, padahal belum tentu asuransi yang diberikan mencakup perlindungan menyeluruh jika mereka sakit atau mengalami kecelakaan.

Pahami 3 jenis asuransi yang patut Anda miliki sekarang juga:

Asuransi Kesehatan Murni

Jika Anda “pemula” dan hanya ingin mengikuti asuransi untuk menutupi biaya pengganti rumah sakit, pilihlah tipe asuransi kesehatan murni. Asuransi jenis ini benar-benar hanya mengganti biaya Anda jika terkena penyakit atau kecelakaan dan butuh perawatan rumah sakit.

“Saat ini beberapa perusahaan asuransi kesehatan terbaik gencar menjajakan asuransi tipe ini dengan premi yang murah, mulai di bawah Rp 100.000,” ujar Erik, karyawan pemasaran sebuah perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

Selain asuransi kesehatan murni, saat ini banyak beredar juga asuransi unit link. Beberapa agen menyatakan jika membeli asuransi ini Anda akan mendapatkan dua keuntungan karena berupa paket asuransi dan investasi. Tapi, menurut Erik, seringkali kenyataannya adalah uang pertanggungan  dari asuransi jenis tersebut lebih kecil dari yang dibutuhkan, alias tidak mencukupi (underinsured).

“Masyarakat sekarang justru giat memilih asuransi kesehatan murni karena banyak kasus dimana pemegang asuransi unit linkmenjadi underinsured,” jelasnya.

Erik menambahkan, para agen asuransi memang getol menawarkan unit link karena biasanya komisinya lebih besar bagi agen. Jika Anda memilih jenis asuransi ini, cermati dulu penjelasan tertulisnya, karena biasanya banyak biaya-biaya tersembunyi di dalam asuransi jenis tersebut.

Asuransi Perlindungan Kecelakaan dan Cacat Tetap

Anda tak pernah tahu kapan kecelakaan akan menimpa Anda, maka untuk mengantisipasinya terdapat pilihan asuransi tambahan untuk perlindungan kecelakaan. Di beberapa perusahaan asuransi, perlindungan yang diberikan mencapai 100% jika nasabah mengalami cacat tetap dan dua kali uang pertanggungan jika nasabah meninggal dunia. Bahkan asuransi ini akan menanggung kehilangan pendapat jika nasabah tidak bisa melanjutkan pekerjaan karena menderita cacat tetap. 

Tak hanya bagus diambil untuk perempuan yang bekerja lepas atau punya usaha sendiri, asuransi jenis ini juga baik diambil untuk perempuan dengan pekerjaan tetap karena memberikan jaminan untuk biaya kehidupan ketika tak bisa bekerja lagi. Stasia, seorang agen asuransi Prudential, menyarankan nasabah untuk membaca polis asuransi dengan lebih jelas  untuk mengetahui kondisi cacat seperti apa yang ditanggung oleh perusahaan asuransi.

“Pastinya cacat tetap yang membuat Anda tidak bisa bekerja lagi, seperti amputasi tangan dan kaki, lebih jelasnya dibicarakan dulu dengan agen asuransi masing-masing karena tiap perusahaan berbeda,” ujarnya.

Berhati-hati Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Selagi Anda masih muda dan sehat segera juga memiliki asuransi penyakit kritis. Asuransi jenis ini melindungi Anda ketika menderita penyakit kritis seperti kanker, serangan jantung, stroke hingga penyakit lupus. Namun Anda harus jeli memilih karena tidak semua perusahaan asuransi mencakup penyakit yang sama. Rata-rata perusahaan asuransi mencakup perlindungan 30-45 jenis penyakit kritis dengan premi yang beragam tergantung umur Anda.

“Muda, sebaiknya di bawah 40 tahun karena perusahaan asuransi melihat semakin tua resiko sakit semakin tinggi,” saran Stasia. 

Asuransi memang penting untuk proteksi kesehatan Anda namun sekali lagi pastikan untuk membaca polis asuransi seteliti mungkin sebelum membeli. Jangan sampai Anda mengambil asuransi yang salah dan tidak tepat guna dengan kebutuhan.

Source: Liveolive.com

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda