Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
3 Jenis Asuransi Jiwa yang Wajib Anda Ketahui | Pasarpolis Blog

3 Jenis Asuransi Jiwa yang Wajib Anda Ketahui

 by pasarpolis |  2015-11-23 02:11:50

Premi asuransi jiwa merupakan uang yang harus Anda bayarkan sebagai bentuk tanggung jawab ketika membeli sebuah produk asuransi jiwa. Jumlah premi yang harus Anda bayarkan biasanya akan disesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan per bulannya atau secara singkat disesuaikan dengan keadaan ekonomi pemilik asuransi jiwa. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa semakin besar jumlah premi yang harus dibayarkan, semakin besar pula manfaat asuransi yang Anda dapatkan.

Sebelum lebih jauh melangkah dan membahas mengenai premi asuransi jiwa, sebaiknya pelajari dulu jenis-jenis produk asuransi jiwa di Indonesia, yaitu:

#1. Asuransi Term Life

Asuransi term life atau disebut juga sebagai asuransi berjangka menawarkan proteksi hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Pemilik asuransi term life atau tertanggung memiliki kewenangan untuk menentukan sendiri jumlah premi yang akan mereka bayarkan sesuai dengan keadaan  perekonomiannya. Namun, umumnya premi asuransi term life berkisar dari Rp 250.000 per bulan.

Asuransi term life memiliki 3 karakteristik khusus yang membedakannya dengan produk asuransi jiwa lainnya. Pertama adalah masa pertanggungan yang terbatas atau berjangka waktu. Asuransi term life menawarkan perlindungan mulai dari 1 tahun, hingga maksimal 20 tahun. jangka waktu ini bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Selain itu, semakin lama jangka waktu pertanggungan, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayarkan.

Kedua, tidak adanya nilai tunai. Nilai tunai merupakan pengembalian uang yang telah dibayarkan meskipun tidak ada klaim ketika masa pertangungan habis. Tidak adanya nilai tunai, berarti premi yang Anda bayarkan akan hangus. Hal ini juga yang melatarbelakangi nilai premi asuransi term life lebih murah dibanding premi asuransi jiwa yang lain.

Ketiga, adanya perubahan jumlah premi asuransi selama periode tertentu. Pada 5 tahun pertama, Anda mungkin dikenanakan biaya premi flat dengan nilai 2 juta pertahun, kemudian di tahun keenam pembayaran menjadi 2,5 juta pertahun hingga tahun kesepuluh, dan begitu seterusnya. Selain perubahan perlima tahun, perubahan jumlah premi juga bisa berubah tiap tahun, misalnya tahun pertama 2 juta, tahun kedua 2,1 juta, tahun ketiga 2,2 juta, dan seterusnya. Anda bisa menentukan sendiri ingin membayarkan premi dengan cara yang mana.

Kelebihan dari asuransi term life adalah nilai pertanggungan yang bisa mencapai milyaran rupiah, selama tertanggung meningeal ketika masa kontrak masih aktif. Sedangkan kekurangannya adalah tidak adanya pengembalian uang ketika tertanggung belum meminggal setelah masa kontrak habis.

 #2. Asuransi Whole Life

Jika asuransi term life memiliki jangka waktu tertentu, asuransi whole life akan menjamin seumur hidup dengan jangka waktu proteksi hingga 99 tahun.

Asuransi whole life juga menawarkan nilai tunai atau pengembalian uang meskipun tidak ada klaim yang diajukan ketika masa kontrak habis. Selain itu, jika pemegang polis tak dapat membayar angsurannya secara berkala, otomatis nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan akan terpotong untuk membayar premi di bulan selanjutnya.

Dengan keuntungan yang besar tersebut, asuransi whole life tentu saja memiliki nilai premi yang mahal, bahkan lebih dari dua kali lipat harga premi asuransi term life. Besarnya jumlah premi yang harus dibayarkan ini sesuai dengan angka harapan hidup masyarakat Indonesia, yakni hingga usia 65 tahun untuk laki-laki dan 70 tahun untuk wanita. Hal tersebut menyimpulkan kemungkinan besar adanya klaim asuransi sebelum masa kontrak habis.

Sayangnya, asuransi whole life ini juga memiliki kekurangan, yaitu rendahnya bunga asuransi yang hanya sebesar 4 persen saja pertahun. Hal ini mengakibatkan nilai tunai dari total premi yang dibayarkan terbilang sedikit. Terlebih lagi, bunga tersebut masih dipotong pajak dan membuat nilau tunai yang diterima nasabah begitu rendah nilainya atau bahkan nasabah tidak menerima nilai tunai sama sekali karena potongan tersebut.

( Baca Juga : Manfaat dan Strategi Memilih Asuransi Kesehatan )

#3. Asuransi Endowment

Asuransi jenis ini merupakan asuransi dwiguna yang berfungsi memberikan proteksi asuransi berjangka, sekaligus nilai investasi berupa tabungan. Dengan dua fungsi ini, nasabah atau pemegang polis bisa memperoleh nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan, serta bisa menarik polis asuransi dalam jangka waktu tertentu, sebelum masa kontrak berakhir. Untuk memiliki asuransi jenis ini, Anda bisa memilih jangka waktu tertentu ataupun seumur hidup hingga 99 tahun.

Asuransi endowment memungkinkan Anda menggunakan proteksi asuransi bukan hanya untuk memberikan perlindungan pada keluarga setelah Anda meinggal, tapi juga bisa menggunakannya ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana lebih, seperti untuk biaya pendidikan anak. Namun, keuntungan ini akan diberikan dalam jangka waktu beberapa tahun sekali sesuai perjanjian yang tertulis dalam kontrak.

Dengan dua fungsi yang ditawarkan, premi asuransi jiwa endowment bernilai cukup tinggi, bahkan lebih mahal dari premi asuransi jiwa whole life. Umumnya, produk asuransi endowment ini dibeli oleh mereka yang memiliki penghasilan lebih atau kalangan menengah ke atas karena nilai premi yang bernilai jutaan rupiah perbulan.

Selain ketiga produk tersebut, kini pelaku asuransi di Indonesia juga mengenal asuransi jiwa Unitlink dengan nilai proteksi dan investasi yang lebih menjanjikan dibanding ketiga produk di atas. Pemilik asuransi jiwa unitlink akan mendapatkan jaminan proteksi sekaligus investasi bernilai tinggi dengan jumlah bunga yang cukup besar tiap tahunnya. Selain kedua manfaat tersebut, pemilik asuransi unitlink juga berhak mendapatkan manfaat tambahan. Meskipun menjanjikan manfaat yang menarik, polis asuransi unitlink ditentukan oleh keberhasilan investasi yang Anda miliki. Kegagalan investasi berarti polis asuransi yang Anda dapatkan rendah.

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk memilih asuransi jiwa yang tepat untuk Anda? Jawabannya adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan ekonomi Anda, sehingga Anda tak merasa dirugikan karena membayar nilai premi asuransi jiwa yang mahal. Tapi, perhatikan juga dua hal penting berikut ini:

  •  Jangka pembayaran

Jangka pembayaran merupakan ketentuan waktu kapan Anda harus membayarkan premi secara berkala. Anda bisa memilih jangka pembayaran dengan metode harian, bulanan, quarter, semester, atau tahunan.

Jangka pembayaran harian, akan memudahkan Anda yang memiliki penghasilan tiap hari karena Anda harus membayarkan premi tiap hari. Sedangkan metode bulanan, sangat cocok bagi Anda yang mendapatkan penghasilan tetap tiap bulannya, misalnya pegawai negeri atau karyawan kantoran. Sedangkan metode quarter yang dibayarkan tiap 3 bulan sekali, semester yang dibayarkan tiap 6 bulan sekali, atau tahunan yang diabayarkan tiap tahun sekali, bisa Anda pilih jika menginginkan metode yang lebih mudah, tapi tentu saja dengan nilai premi yang lebih besar.

( Baca Juga : Lebih Dekat dengan Asuransi Mega Jiwa )

Sekali lagi, sesuaikan jangka pembayaran premi asuransi sesuai dengan kemampuan Anda sebelum menyetujuinya dalam kontrak perjanjian asuransi.

  • Cara pembayaran

Cara pembayaran premi juga harus Anda perhatikan agar tidak merasa direpotkan. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan cara pembayaran konvensional yang memungkinkan Anda membayar langusng dengan mendatangi kantor cabang atau kantor pusat.

Namun, cara ini akan cukup merepotkan ketika Anda memiliki mobilitas tinggi dan sering keluar kota. Cara konvensional sebaiknya tidak Anda pilih jika kesulitan membayar langsung ke kantor perusahaan asuransi, karena keterlambatan akan dikenakan denda.

Anda bisa memilih cara pembayaran online menggunakan perangkat mobile yang terhubung dengan akun rekening bank Anda ataupun melalui atm terdekat, sehingga pembayaran premi lebih mudah dan bisa dilakukan dimanapun tanpa harus datang ke kantor.

Apapun jenis asuransi yang Anda pilih, jangan menunda untuk memilikinya agar masa depan keluarga tetap terjamin.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda