Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
2015, DPR Segera Urus LPS Untuk Menjamin Polis Asuransi | Pasarpolis Blog

2015, DPR Segera Urus LPS Untuk Menjamin Polis Asuransi

 by pasarpolis |  2015-05-25 08:24:48

 

Di bulan September 2014 silam sempat bergulir wacana bahwa Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) diusulkan untuk menjamin polis nasabah industri asuransi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan secara maksimal pada para pemegang polis bila sewaktu-waktu perusahaan asuransi tidak bisa mencairkan klaim nasabahnya.

DPR Bersikap tegas Mengenai Polis Asuransi

Saat ditemui oleh awak media tahun lalu, Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank, LPS, Salusra Satria mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki skema dan model ketentuan yang bisa diterapkan bila memang tugas tersebut akan diamanatkan pada LPS.

Satria mencontohkan lembaga penjamin di sejumlah negara seperti Korea Selatan dan Malaysia. Di Korea Selatan, dana nasabah dan perasuransiannya memang dijamin oleh satu lembaga dan di Malaysia model yang sama pun diterapkan dengan baik.

(Baca Juga : OJK Ungkap Minat Tinggi Masyarakat Terhadap Asuransi Mikro)

Kendati demikian, hingga tanggal 20 Februari 2015 kemarin, masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Kementrian Keuangan untuk menjamin polis asuransi masyarakat. Pihak LPS sendiri telah memasang kuda-kuda berupa rencana strategis untuk menjamin polis hingga tahun 2016 mengingat sejak bulan September atau Oktober kebijakan tersebut harusnya sudah mulai diresmikan dan dieksekusi.

Meski begitu, penjamin polis asuransi oleh pihak LPS ini hanya dilakukan bila perusahaan asuransi tersebut mengalami kegagalan atau dilikuidasi. Pasalnya, bila perusahaan asuransi mengalami kegagalan dan ditutup, maka premi yang dibayarkan oleh nasabah juga akan ikut hilang.

Jadi, bila sebelumnya kebijakan ini menyiratkan anggapan bahwa LPS hanya menyelamatkan perusahaan asuransi, maka berita ini tidaklah benar. LPS akan menjamin nilai polis masyarakat sampai dengan nilai tertentu.

Sebagai contoh, polis masyarakat yang nilainya Rp 500 juta dan tersendat dengan kasus internal perusahaan asuransi akan di-cover sehingga preminya tidak hangus. Ini merupakan salah satu bagian skema baru yang sampai saat ini masih berada dalam tahap diskusi.

Namun, masih belum pasti apakah akan ada UU khusus atau mengamandemen UU LPS mengingat sebelumnya UU Lembaga Penjamin Polis tertunda akibat pergantian anggota DPR. Anggota Komisi IX DPR RI Indah Kurnia mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menyelesaikan UU Lembaga Penjamin Polis ini dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun setelah UU Peransuransian Nomor 40 Tahun 2014 disahkan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda