Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
15 Klaim Asuransi Paling Unik dan Termahal di Dunia | Pasarpolis Blog

15 Klaim Asuransi Paling Unik dan Termahal di Dunia

 by pasarpolis |  2015-11-14 03:14:15

Umumnya, klaim asuransi akan diberikan sesuai dengan jumlah kerugian yang dialami berdasarkan jumlah premi, persetujuan dan kesepakatan di awal kontrak. Namun, 15 klaim asuransi dibawah ini nilainya sangat fantastis dan menjadi klaim asuransi termahal di dunia. Mulai dari Rp 239 juta hingga 14 triliun poundsterling. Apa saja klaim asuransi termahal di dunia? Berikut ulasannya.

#1Operasi gagal ginjal – Rp 293 juta

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan kematian, untuk mengobatinya tindakan medis berupa operasi harus dilakukan. Untuk tindakan operasi tersebut nilai klaim yang didapatkan berjumlah US$ 22 ribu atau setara dengan Rp 293 juta. Bukan angka yang sedikit untuk sebuah operasi, terlebih lagi pemegang polis asuransi kesehatan ini adalah seekor kucing pameran yang berharga mahal. Dengan nilai klaim hampir menyentuh angka Rp 300 juta, klaim asuransi ini menjadi kalim termahal untuk seekor hewan peliharaan.

#2Mobil Rowan Atkinson – Rp 6,53 miliar

Siapa yang tak kenal Rowan Atkinson? Aktor berkebangsaan Inggris yang lebih dikenal sebagai Mr. Bean ini melakukan klaim asuransi termahal di Inggris. Berawala dari sebuah kecelakaan mobil yang dialaminya akibat jalanan licin tertutup es, Rowan Atkinson mengalami cedera ringan pada bagian bahunya.

Lucunya, ia tidak mengajukan klaim untuk cedera pada bahunya, melainkan mobil sports McLaren senilai US$ 1,05 juta miliknya. Untuk kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada McLaren kesayangannya, Atkinson mendapatkan klaim sebesar 310 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 6,53 miliar dan mencatat rekor klaim asuransi mobil termahal di Inggris.

#3Prototype Bugatti Veyron – Rp 10,65 miliar

Ujicoba sebuah mobil sebelum diluncurkan ke pasaran adalah hal wajar, yang tak wajar adalah ketika dalam sebuah ujicoba, seorang insinyur menabrakkan dua mobil prototype Bugatti Veyron. Untuk prototype Bugatti Veyron tersebut, klaim asuransi dilakukan dengan nilai US$ 800 ribu atau sebesar Rp 10,65 miliar dan menjadi klaim asuransi kendaraan termahal di dunia.

#4Jatuh terpeleset – Rp 103 miliar

Ketika kurang hati-hati saat berjalan, ditambah dengan kondisi jalanan yang licin, biasanya kita akan terpeleset. Akibatnya akan muncul cedera ringan hingga memar dan lebam. Namun, cerita berbeda datang dari seorang warga Virginia, Amerika Serikat, saat musim salju, ia jatuh terpeleset di depan rumahnya akibat lapisan es yang menutupi jalan. Dari insiden kecil tersebut, ia mengalami patah pada beberapa bagian kakinya. Bahkan, ia juga harus merelakan kakinya untuk diamputasi akibat penyakit diabetes yang di deritanya.

Untuk sebuah kecelakaan kecil, yang bisa dibilang pernah dialami setiap orang, klaim asuransi yang diajukannya menginjak angka US$ 7,75 miliar. Ia juga menyebutkan bahwa kecelakaan yang dialaminya merupakan kesalahan pemilik gedung yang tidak membersihkan es yang menumpuk di sekitar gedung.

#5Tertabrak mobil – Rp 491 miliar

Meskipun telah berhati-hati di jalan raya, namun tak sedikit pengendara lain yang lalai dan ugal-ugalan. Hal ini menyebabkan kecelakaan lalu lintas sangat rawan terjadi. Begitu pula yang dialami oleh Agnes Collier yang berusia 17 tahun. Saat itu, Agnes sedang berjalan bersama ibunya, naas baginya tiba-tiba sebuah mobil menabrak mereka dan menyebabkan kematian ibunya.

Untungnya, nyawa Agnes masih terselamtkan meskipun ia mengalami cedera parah di bagian kepala. Karena kecelakaan tersebut, Agnes mendapat santunan senilai US$ 37 juta atau sekitar Rp 491 miliar. Disamping santunan tersebut, Agnes juga menerima US$ 11,5 juta pertahun serta biaya perawatan di rumah sakit untuk pemulihan cedera di kepalanya.

(Baca juga : PT Malacca Wuwungan Trust Insurance Indonesia, Perusahaan Asuransi Terawet)

#6Wabah SARS – Rp 13,28 triliun

Wabah penyakit juga bisa menjadi salah satu alasan klaim asuransi, terlebih jika penyakit tersebut menyebabkan kematian. Salah satunya adalah wabah penyakit SARS yang menyebar di China pada tahun 2013 silam. Dampak penyakit ini sangat terasa karena dengan segera menyebar ke 37 negara lainnya hanya dalam hitungan minggu.

Penyakit pernapasan menular ini tidak hanya menyebabkan meningkatnya klaim untuk asuransi kesehatan, tapi juga banyak masalah di bidang bisnis, mulai dari pembatalan perjalanan hingga penundaan urusan bisnis karena takut tertular. Karena wabah SARS ini, pemegang polis berbondong-bondong mengajukan klaim asuransi jiwa dan mencapai angka US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 13,28 triliun.

#7Gempa dan Tsunami – lebih dari US$ 1 miliar

Bencana alam dahsyat berupa gempa dan tsunami di kawasan Samudra Hindia yang terjadi pada tahun 2004 silam, menyebabkan banyak kematian dan kerugian di beberapa negara di kawasan Samudra Hindia. Akibatnya, klaim asuransi yang diajukan ketika terjadi bencana tersebut mencapai US$ 1 miliar.

#8Melestusnya Gunung Eyjafjallajokull – Rp 45,17 triliun

Gunung yang namanya sulit dieja ini memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan. Namun, pada tahun 2010 silam, Gunung Eyjafjallajokull yang terletak di Inslandia ini meletus dan menyebabkan penundaan perjalanan pesawat terbang akibat kabut asap setelah letusan gunung. Meskipun tidak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut, namun biaya klaim asuransi akibat penundaan jadwal perjalanan mencapai US$ 34 miliar atau setara dengan Rp 45,17 triliun.

Untuk sebuah bencana gunung meletus kali mini bisa dibilang bernilai fantastis. Tapi, tahukah Anda bahwa klaim dengan angka yang fantastis tersebut ditujukan untuk menanggung kerugian akibat penerbangan di kawasan Eropa yang sempat lumpuh? Tak tanggung-tangung, 10 juta penumpang harus menunggu selama berminggu-minggu untuk mendapatkan kepastian jadwal penerbangan mereka. Selain itu, harga bahan bakar pesawat terbang pun ikut melemah.

#9Listrik padam – Rp 79,71 miliar

Pemadaman listrik di Indonesia merupakan salah satu hal yang sering terjadi. Tapi, ketika listrik di Amerika Serikat pada, jadi lain ceritanya. Pada di kawasan timur laut Amerika Serikat terjadi insiden listrik padam dikenal dengan sebutan US/Canada Power Outage dan menimbulkan klaim asuransi yang mencapai US$ 6 miliar atau Rp 79,71 miliar.

Jangan heran dengan nilai asuransi yang begitu tinggi karena padamnya listrik di kawasan tersebut berlangsung hingga tujuh jam dan memengaruhi wilayah yang sangat luas. Sedikitnya 10 juta orang yang tinggal di Kanada serta 45 juta warga AS terkena dampak masalah ini. Listrik padam tersebut menimbulkan berbagai masalah mulai dari penundaan penerbangan pesawat, penjarahan dan pencurian, penundaan urusan bisnis, dan beberapa kerugian lain akibat tidak adanya aliran listrik.

#10Gempa bumi Tiongkok – Rp 265 triliun

Bencana alam lagi-lagi menimbulkan nilai asuransi yang besar. Bukan hanya tak dapat dihindari, bencana alam sering kali terjadi sangat mendadak tanpa tanda-tanda apapun. Salah satunya adala bencana gempa bumi terbesar di Tiongkok yang menewaskan 68 ribu orang. Bencana alam terbesar dalam sejarah Tiongkok tersebut juga menyebabkan jutaan warga kehilangan tempat tinggal mereka. Untuk sebuah bencana yang hebat ini, klaim asuransi yang diajukan mencapai US$ 20 miliar, padahal tidak seluruh faktor terkena dampak gempa yang diasuransikan.

#11Tsunami Jepang 2011 – Rp 531 triliun

Bencana tsunami sekali lagi menimbulkan kerusakan dan kerugian yang begitu besar. Untuk bencana tsunami yang terjadi di Jepang pada tahun 2011 silam, klaim asuransi yang diajukan hanya senilai US$ 40 miliar atau setara dengan Rp 531 triliun. Padahal, perkiraan sebelumnya klaim asuransi dapat mencapai angka US$ 100 miliar.

#12Tragedi 9/11 – lebih dari Rp 531 triliun

Tak sedikit yang kehilangan keluarganya saat terjadi serangan teroris pada tahun 2001. Kejadian yang dikenal dengan tragedi 9/11 ini merupakan kejadian dengan klaim asuransi termahal di dunia. Kerusakan property, kematian dan ganguan kegiatan bisnis yang terjadi saat tragedi 9/11, menyebabkan klaim asuransi lebih dari US$ 40 miliar.

(Baca juga : Kerugian Pasca Ledakan Besar Di Pelabuhan Tiongkok )

#13Lehman Brothers – lebih dari US$ 100 miliar

Kebangkrutan Lehman Brothers yang terjadi pada tahun 2008, merupaka salah satu pertanda terjadinya krisis keuangan dunia. Kebangkrutan Lehman Brothers ini diperkirakan menimbulkan klaim lebih dari US$ 100 miliar. Namun, tidak dapat ada kejelasan dan kepastian berapa dana yang harus digelontorkan atas krisis keuangan tersebut karena beberapa klaim asuransi yang diajukan temasuk dalam kategori data rahasia.

#14Topan badai Amerika Utara – US$ 130 miliar

Jika di Indonesia dan Jepang sering terjadi gempa bumi, di wulayah Amerika Utara bencana angin topanlah yang menjadi momok masyarakat. Pada tahun 2005 silam, terjadi bencana angina topan mengerikan yang dikenal dengan sebutan Badai Wilma, Badai Katrina, dan Badai Rita.

Dengan nama bencana yang terbilang cantik, angina topan tersebut menyebabkan kerugian yang amat besar, termasuk 4000 korban jiwa. Klaim asuransi mencapai US$ 130 miliar untuk asuransi jiwa dan kecelakaan diri, serta kerusakan properti, termasuk rumah dan gedung perkantoran.

#15Krisis Keuangan 2008 – 14 triliun poundstreling

Keuangan dunia yang tidak stabil, dapat menyebabkan terjadinya krisis ekonomi di Negara-negara besar yang berakhir dengan krisis keuangan dunia. Tahun 2008 silam, Inggris dan beberapa negara lain merasakan dampak besar atas krisis keuangan yang terjadi. Tak hanya perekonomian yang lemah, banyak perusahaan dan bisnis yang mengalami kebangkrutan dan menimbulkan angka pengangguran tertinggi sepanjang sejarah. Krisis keuangan terburuk ini membuat perusahaan asuransi kebakaran jenggot karena nilai klaim yang mencapai 14 trilun poundstreling.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda