Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
10 Cara Mudah Kumpulkan Pundi-Pundi Rupiah | Pasarpolis Blog

10 Cara Mudah Kumpulkan Pundi-Pundi Rupiah

 by pasarpolis |  2015-05-15 07:46:48


Diperlukan pemikiran, strategi jitu dan juga hal-hal sejenis lainnya agar dapat mengalokasikan uang yang didapat untuk keperluan sehari-hari sekaligus menyisihkan sebagian untuk saving atau sebagai tabungan. Akan tetapi, bagaimana cara efektif untuk melakukan perencanaan, pengaturan strategi, memberlakukan manajemen keuangan yang baik sampai dengan menekan financial problems setiap bulannya? Berikut ada beberapa kiat yang dapat dilakukan:

Menghentikan kebiasaan yang kurang berguna

Bagi Anda yang perokok dan belum bisa berhenti dari kebiasaan tersebut, Anda dapat melakukan pembatasan pengalokasian uang untuk membeli rokok. Contohnya, apabila Anda dalam satu hari dapat menghabiskan rokok sebanyak 1 pack, maka dapat Anda atur dengan menghabiskan 1 pack rokok untuk satu minggu. Memang akan terasa susah di awal, namun apa artinya susah tersebut apabila dari segi kesehatan serta dari sisi keuangan, Anda akan mendapatkan keuntungan. Bahkan dengan cara tersebut, Anda kemungkinan akan dapat berhenti secara total dari kebiasaan merokok.

(Baca Juga : 7 Cara Mudah Membiasakan Diri Gemar Menabung)

Buat catatan belanja

Dengan membuat catatan khusus untuk pengeluaran yang terjadi dalam setiap hari, maka Anda dapat menghitung dan membuat pengaturan untuk pengeluaran-pengeluaran lain di hari, minggu atau bulan berikutnya. Dengan cara ini, Anda juga dapat lebih mudah memantau sisi boros Anda sendiri dan kemudian mengambil langkah yang tepat untuk menguranginya.

Berlakukan sistem hutang pada diri sendiri

Selain di bank, Anda juga dapat menyisihkan uang untuk disimpan sendiri di rumah. Namun tidak hanya cukup menyimpan uang sendiri saja, ada hal-hal lain yang perlu dilakukan agar Anda tidak terpancing untuk menggunakan uang yang disimpan tersebut. Contohnya, apabila Anda memutuskan untuk menyisihkan Rp 10 ribu di awal bulan dan di pertengahan bulan Anda butuh uang, maka Anda dapat saja menggunakan uang simpanan tersebut. Namun, apabila Anda memiliki uang penggantinya, maka Anda wajib mengembalikan uang yang Anda ‘pinjam’ sebelumnya itu.

(Baca Juga : Financial Plans Bisa Cegah Kantong Jebol Akibat Pengobatan Penyakit)

Pisahkan gaji dalam dua rekening

Istilah “Jangan meletakkan dua telur dalam keranjang yang sama” adalah contoh analogi yang dapat diartikan bahwa Anda harus memiliki tabungan di bank (apabila Anda memiliki rekening di bank dan proses gaji yang Anda dapatkan adalah transfer) lebih dari satu. Ketika hari gajian tiba, Anda dapat membagi gaji Anda tersebut ke dua rekening. Satu rekening berfungsi sebagai saving place dan rekening satunya digunakan sebagai sehari-hari.

Gunakan uang tunai

Memang menyenangkan apabila memiliki kartu kredit karena tanpa harus membawa banyak uang, ketika berbelanja, Anda tinggal menggeseknya dan semuanya terselesaikan dengan mudah. Namun, hal tersebut justru memancing Anda untuk terus belanja dan belanja lagi. Usahakan untuk lebih menggunakan uang tunai daripada debit, karena dengan uang tunai, Anda dapat mengontrol apa saja yang benar-benar perlu dibeli dan apa yang tidak.

(Baca Juga : Entrepreneur, Inilah Pentingnya Manfaat Asuransi Untuk Anda)

Beli barang murah yang berkualitas

Apabila Anda tidak terlalu memusingkan untuk memiliki barang yang baru atau second, maka untuk menekan pengeluaran, Anda dapat membeli barang-barang bekas yang masih layak pakai dan juga harganya murah. Banyak situs-situs atau tempat yang menjajakan berbagai macam barang bekas dengan harga miring dibandingkan dengan harga barunya.

Memiliki asuransi

Tentunya banyak yang sudah paham bahwa dengan memiliki asuransi, selain akan mendapatkan benefit dari segi proteksinya, Anda juga termasuk sudah melakukan saving, investasi sekaligus mencintai diri sendiri. Dikatakan sebagai mencintai diri sendiri karena dengan asuransi, maka pertanggungan akan dilimpahkan ke perusahaan asuransi dan Anda tidak perlu repot melakukan apapun. Saving dalam hal ini adalah Anda juga termasuk melakukan upaya menabung setiap bulan dan investasi adalah hasil yang akan Anda peroleh setelah kontrak asuransinya berakhir.

Batasi bepergian

Memang tidak ada salahnya bepergian ke mana pun juga, namun demi membuat financial planning Anda dapat terlaksana dengan baik, maka ada baiknya Anda untuk lebih menghemat pengeluaran yang diperlukan untuk bepergian.

Membawa bekal

Ada kalanya seseorang malu untuk membawa bekal, baik ke sekolah, kuliah atau juga tempat kerja. Maka hilangkanlah hal tersebut dan mulai lebih berani untuk membawa bekal dari rumah, karena dengan hal ini, Anda dapat memangkas pengeluaran yang Anda gunakan untuk membeli makanan di luar.

(Baca Juga : Cara Praktis Berbelanja Produk Asuransi di PasarPolis)

Kumpulkan recehan

Memang terkesan sepele, ketika Anda berbelanja, ada kalanya Anda akan mendapatkan kembalian berupa uang receh. Nah, Anda dapat meletakkan atau menyimpan uang-uang receh tersebut di suatu tempat secara terus menerus. Dan tanpa sadar, di suatu ketika Anda akan mendapatkan nominal uang yang besar ketika Anda menghitungnya.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda