Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.

Pengertian Asuransi dan Manfaat

Mengenali Seluk-Beluk Asuransi Lebih Dalam

Maraknya asuransi yang ada di Indonesia ini telah banyak membantu masyarakat. Namun, bila selama ini Anda adalah pihak yang belum melakukan transaksi dengan pihak asuransi dan tertarik untuk mengenali lebih dalam tentang seluk-beluk asuransi, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyelaminya.

Pengertian Asuransi

Asuransi berasal dari kata insurance yang artinya pertanggungan. Ini merupakan bentuk perjanjian antara pihak tertanggung atau nasabah dengan penanggung atau perusahaan asuransi. Dalam hal ini, pihak penanggung bersedia untuk menanggung sejumlah kerugian yang mungkin dialami oleh nasabah di masa depan. Namun, sebelumnya nasabah harus terlebih dulu untuk melakukan pembayaran uang yang disebut premi.

Manfaat Asuransi

Lalu apa sebenarnya manfaat dari asuransi? Asuransi berperan sebagai mekanisme pengalihan / transfer risiko, yakni mengalihkan risiko seperti menyediakan fasilitas pengamanan keuangan serta ketenangan pikiran dari satu pihak tertanggung pada pihak penanggung.

Namun, ini berarti bahwa perusahaan asuransi dapat menghilangkan musibah yang Anda punya. Hanya saja, dengan adanya asuransi, risiko kerugian besar akibat terjadinya suatu musibah bisa diminimalkan karena sebelumnya Anda telah melakukan investasi perlindungan dengan membayar premi.

Selain pihak penanggung dan tertanggung, Anda juga akan mengenal istilah polis asuransi. Polis asuransi merupakan syarat-syarat perjanjian asuransi serta hak dan kewajiban kedua belah pihak yang tertuang dalam sebuah perjanjian asuransi.

Di dalamnya terdapat contoh-contoh asuransi seperti asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi kecelakaan diri, . Nah, berikut ini ulasan singkat tentang kelima jenis asuransi tersebut:

Asuransi Kendaraan

Bandingkan Asuransi Kendaraan

Ini merupakan jenis asuransi yang menanggung khusus kendaraan yang mana risiko terjadinya musibah pada kendaraan akan dialihkan pada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin. Dalam memilih asuransi kendaraan, jangan lupa untuk mencari lembaga yang menawarkan pelayananan lengkap, premi asuransi murah, klaim asuransi cepat, dan bengkel rekanan terjangkau.

Untuk besarnya premi asuransi, biasanya hal ini ditentukan oleh jenis jaminan yang dipilih (komprehensif atau kerugian total), jenis kendaraan (roda dua, empat, atau lebih), harga pertanggungan kendaraan yang diinginkan, serta penggunaan kendaraan (pribadi, dinas, atau komersial).

MULAI CEK PREMI 

Asuransi Kesehatan

Bandingkan Asuransi Kesehatan

Nah, bila Anda ingin memberikan perlindungan kesehatan lebih banyak, utamanya pada pihak keluarga, asuransi kesehatan dapat menjadi solusi. Produk asuransi kesehatan ini akan menjamin biaya kesehatan atau perawatan para peserta asuransi bila mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Beberapa asuransi juga menanggung biaya untuk akomodasi ruangan, akomodasi ICU, konsultasi dokter, konsultasi dokter spesialis, tindakan bedah, rawat jalan, perawatan di rumah, layanan ambulan, cuci darah, dan lainnya. Bahkan, ada pula asuransi kesehatan yang memfasilitasi biaya untuk penyakit kritis.

Kendati demikian, ada baiknya bila Anda mengikuti asuransi kesehatan sejak dini, ketika usia masih muda dan tubuh masih sehat bugar. Permohonan asuransi kesehatan dengan kondisi seperti ini akan lebih mudah untuk diterima dan Anda pun hanya dikenakan biaya premi yang tak terlalu mahal.

Di Indonesia, produk asuransi kesehatan diselenggarakan oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, serta perusahaan asuransi umum. Dalam jaminan asuransi kesehatan, pemerintah telah memiliki BPJS Kesehatan.

Badan usaha milik negara ini ditugaskan secara khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS), pensiunan PNS, dan TNI/POLRI, pejuang kemerdekaan beserta keluarganya, maupun rakyat biasa.

MULAI CEK PREMI 

Asuransi Kecelakaan Diri

Bandingkan Asuransi Kecelakaan Diri

Selain asuransi pada kendaraan, ada pula asuransi kecelakaan diri (personal accident) yang akan memberikan santunan terhadap risiko kematian, cacat total, serta biaya pengobatan yang disebabkan oleh risiko yang datang secara tiba-tiba atau tak terduga.

Asuransi ini dirancang untukm memberikan santunan atas risiko meninggal dunia, cacat, dan dampak kerugian finansial yang timbul akibat biaya perawatan medis di rumah sakit, baik disebabkan kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja.

MULAI CEK PREMI 

Asuransi Properti

Bandingkan Asuransi Rumah

Musibah seperti banjir dan kebakaran merupakan risiko yang paling jamak menimpa sebuah properti. Oleh karena itu, asuransi properti sangat berperan untuk meminimalisir kerugian yang bisa Anda alami di kemudian hari.

Selain rumah, Anda juga bisa mengasuransikan barang pribadi dan perabotan yang ada di dalamnya. Umumnya, hal ini bisa Anda dapatkan dengan bergabung ke dalam asuransi properti pribadi. Sementara itu, properti komersial atau bisnis biasanya didefinisikan masuk sebagai aset bisnis.

MULAI CEK PREMI 

Asuransi Jiwa

Bandingkan Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Di sini terlukis bahwa dalam asuransi jiwa, risiko yang dihadapi adalah:

  • Resiko Kematian
  • Hidup Seseorang terlalu lama

MULAI CEK PREMI 

Prinsip Dasar Asuransi Konvensional

Lalu, bagaimanakah prinspi asuransi konvensional secara umum? Prinsip dasar asuransi yang harus dipenuhi oleh lembaga atau perusahaan yang bergerak di bisnis asuransi:

  1. Insurable interest adalah hak untuk mengasuransikan yang timbul dari suatu hubungan keungan anatara tertanggung dengan yang diasuransikan dan diakui secara hukum
  2. Utmost good faith adalah suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap semua fakta material mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik diminta ataupun tidak.
  3. Proximate cause adalah suatu kerugian yang timbul karena rantaian suatu peristiwa.
  4. Indeminity adalah mekanisme yang mana penanggung  menyediakan kompensasi finansial dalam upayanya untuk menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang ia miliki sesaat sebelum terjadinya kerugian.
  5. Subrogation adalah pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar
  6. Contribution adalah hak penanggung untuk mengajak penanggung lainnya yang sama-sama menanggung, tetapi tak harus sama kewajibannya terhadap tertanggung untuk ikit memberikan indeminity

Besarnya Biaya Premi

Berapakah besarnya premi yang harus dibayarkan oleh nasabah pada pihak penanggung? Besar nilai premi ini umumnya ditentukan oleh penanggung. Biasanya, biaya premi ini meliputi dana yang bisa diklaim di masa depan, biaya administrasi, dan keuntungan.

Nah, itulah beberapa informasi dasar seputar pengertian asuransi dan mekanisme yang ada di dalamnya. Anda pun bisa untuk melakukan survei pada sejumlah lembaga asuransi terbaik di Indonesia yang mampu memberikan pertanggungan memuaskan. Bila tak ingin terlalu membuang waktu, Anda bisa dengan mudah mendapatkan penawaran layanan asuransi terbaik dengan mengunjungi situs pasarpolis.com dan dapatkan tarif premi paling bersahabat.

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda